oleh

125 KK Terima BLT Dana Desa

-Indramayu-938 views

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Tegalwirangrong Kecamatan Kertasemaya  menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) berbentuk kartu ATM kepada 125 kepala keluarga (KK), kemarin.

Kuwu Tegalwirangrong, Sodirin menyatakan, penyaluran bantuan yang bersumber dari dana desa bagi warga terdampak Covid-19 melalui salah satu bank. Sebelumnya, lanjut Sodirin, penerima dibuatkan rekening dan kartu ATM yang bisa digunakan untuk mengambil BLT dana desa ke bank yang ditunjuk.

“Sekarang kita bagikan terlebih dulu kartu ATM nya karena penyaluran BLT dari DD melalui rekening. Setiap kepala keluarga mendapatkan bantuan selama tiga bulan, dimana setiap bulannya mendapatkan bantuan senilai Rp600 ribu,” ungkap Sodirin.

Diungkapkan Sodirin, pandemi Covid-19 sangat memukul masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Sehingga, adanya berbagai program bantuan dari pemerintah termasuk pemerintah desa bisa membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19, yang belum mendapatkan bantuan sosial dari instansi manapun.

Sodirin berharap, pembagian kartu ATM  dengan nominal Rp600 ribu setiap bulan bagi kepala keluarga dapat membantu warga desa yang terdampak langsung pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19).

Sementara itu, Sekdes Tegalwirangrong Adi menjelaskan, pemerintah desa sebelumnya melakukan verifikasi data penerima BLT dari DD yang diserahkan oleh tim pendata di tingkat RT dan RW. Sehingga, data penerima BLT dari dana desa dijamin tidak dobel dengan penerima bantuan dari pemerintah baik dari BPTN, PKH, Bansos dari Pemprov Jabar, dan bantuan lainnya.

“Kami validasi agar tidak ada warga penerima bantuan ganda. Akhirnya didata ada 125 nama KK, kemudian kami ajukan ke bank untuk pembukaan rekening, penerima BLT diberikan kartu ATM yang bisa diambil penerima di bank,” ujarnya.

Untuk teknis pembagian ATM, lanjut Adi, pihaknya membagikan langsung ke rumah-rumah warga yang berhak mendapatkan bantuan itu. “Kami lakukan door to door agar tidak menimbulkan kerumuman warga dan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19,” pungkasnya. (oni)

News Feed