oleh

Pengumuman Kelulusan Dikirim via Kurir

-Indramayu-252 views

INDRAMAYU – Pengumuman kelulusan SMP atau yang sederajat di Kabupaten Indramayu digelar secara serentak, Jumat (5/6). Di tengah pandemi wabah Covid-19, mayoritas sekolah mengumumkan kelulusan siswanya secara online.

Ada yang memanfaatkan website sekolah, adapula yang mengirimkan Surat Keterangan Lulus (SKL) melalui Facebook maupun pesan di WhatsApp Group.

Hal berbeda dilakukan oleh SMP Negeri 1 Patrol. Selain lewat online, pengumuman kelulusan bagi sebanyak 278 siswa kelas 9 juga dilakukan secara fisik. Yakni dengan mengirimkan SKL langsung ke rumah-rumah siswa melalui jasa kurir. Selain SKL sekaligus juga dikirim transkip nilai raport siswa dari semester 1 sampai 6.

“Pengumuman kelulusan tahun ini dilaksanakan secara kombinasi. Yakni online dan manual melalui kurir. SKL dan nilai rapot anak-anak dikirim sekalian. Pertimbangannya itu sebagai kelengkapan persyaratan melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA sampai ijazahnya keluar,” kata Kepala SMPN 1 Patrol, Bakhrudin MPd.

Dengan cara ini, tidak terjadi euforia kelulusan yang khawatir dirayakan para siswa dengan berkumpul bersama teman-teman, konvoi di jalan raya, atau coret-coret seragam pada pengumuman. Kemudian, orang tua maupun siswa tidak perlu lagi datang kesekolah untuk mengurus persyaratan melanjutkan sekolah.

Bakhrudin menegaskan, penyampaian SKL dengan tenaga kurir dilaksanakan dengan tetap menggunakan prosedur protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Dimana petugas pembawa pengumuman wajib menyampaikan langsung ke siswa sasaran.

Tak hanya siswa, orang tua bisa langsung tahu kabar kelulusan putra dan putrinya sehingga tidak cemas menunggu kabar dari anaknya di sekolah. Dengan mengirimkan hasil kelulusan langsung ke rumah, lebih memudahkan siswa dan orang tua untuk mengetahui hasilnya secara langsung.

“Petugas kurir kami wajib bermasker, dan menjaga jarak serta membatasi diri dengan mempersingkat waktu penyerahan pengumuman. Standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 benar-benar diterapkan,” kata dia.

Selain alasan di atas, dengan pengiriman pengumuman kelulusan melalui kurir, sekolah juga bisa memastikan saat pengumuman siswa ada di rumah dan dalam keadaan sehat.

Tentu saja petugas sambil memberikan beberapa informasi penting dari sekolah termasuk pesan agar siswa tidak melakukan hal-hal yang tidak terpuji pasca pengumuman kelulusan, serta membiasakan hidup bersih dan sehat juga meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah selama masa pendemi Covid-19.

“Kami juga mengingatkan dan melarang siswa melaksanakan perayaan kelulusan. Termasuk kegiatan lain yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Siswa tidak boleh melaksanakan kegiatan yang bersifat berkumpul. Seperti konvoi di jalanan, coret-coret dan juga perpisahan,” jelasnya.

Tak hanya pengumuman kelulusan, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sejak 3 sampai 9 Juni bagi siswa kelas 7 dan 8 juga dilakukan secara daring. PAT online inipun sudah dipersiapkan secara matang oleh masing-masing guru mata pelajaran. (kho)

News Feed