oleh

Warga Sediakan Tempat Cuci Tangan

INDRAMAYU-Mencuci tangan kini menjadi kebiasan penduduk di perdesaan untuk mencegah penyebaran corona virus disease 19 (Covid-19). Bahkan, tak hanya di perkantoran maupun pusat perbelanjaan, di rumah-rumah wargapun kini tersedia tempat cuci tangan lengkap dengan sabun.

Seperti terlihat di salah satu blok yang ada di Desa Kopyah, Kecamatan Anjatan. Warga disana sengaja membuat tempat cuci tangan di depan rumahnya agar setiap tamu yang datang dapat membersihkan tangannya. Warga yakin, cuci tangan menjadi kunci utama pencegahan penularan Covid-19.

Tempat cuci tanganpun dibuat sesederhana mungkin. Ada yang menggunakan galon air, ember sampai kaleng bekas cat yang diberi instalasi pipa dan selang air.

“Sekarang kita harus lebih banyak mencuci tangan, makanya saya sediakan tempat pencuci tangan di depan rumah agar siapa saja yang datang ke rumah wajib mencuci tangan dulu,” kata Yati, salah seorang warga kepada Radar Indamayu, kemarin.

Inisiatif membuat tempat cuci tangan, ungkap dia, muncul saat menjelang hari raya Idul Fitri kemarin. “Lebaran kan pasti banyak tamu yang datang. Sementara situasinya lagi ramai virus corona, menolak tamu yang mau silaturahmi jelas gak enak. Ya sudah, suami bikin tempat cuci tangan dari wadah bekas cat taruh di depan rumah,” tuturnya.

Ibu dua orang anak ini menyatakan, Covid-19 bukanlah virus sembarangan yang dipandang sebelah mata. Karenanya, semua orang termasuk warga di kampung-kampung harus berusaha agar virus yang telah banyak memakan korban ini dapat dicegah.

“Makanya kita semua harus budayakan cuci tangan sesering mungkin. Pakai masker dan nurut anjuran pemerintah untuk stay at home tetap berada di rumah. Jika tak ada yang terlalu penting jangan keluar rumah hindari kontak dengan orang lain,” jelasnya.

Senada disampaikan warga lainnya, Wawan. Sejak Covid-19 mewabah di Kabupaten Indramayu, dia sudah menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah. Ini dilakukan sebagai antisipasi ketika ada teman atau kerabat datang. Tak cukup itu, disediakan pula hand sanitizer di ruang tamu.

“Alhamdulillah, sekarang kesadaran warga untuk membiasakan cuci tangan ini sudah sangat baik. Banyak yang menyediakan fasilitas cuci tangan di depan rumahnya,” tuturnya. (kho)

News Feed