oleh

SMPN 1 Anjatan Pengumuman Kelulusan lewat Online

INDRAMAYU-Tidak lama lagi, pelajar kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat di Kabupaten Indramayu akan menerima hasil kelulusannya.

SMP Negeri 1 Anjatan menyiapkan skenario mengumumkan proses kelulusan melalui online atau dalam jaringan (daring). Hal ini untuk menghindari kerumunan siswa maupun orang tua di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Pengumuman kelulusan kita lakukan secara online melalui website sekolah ataupun bisa lewat aplikasi WhatsApp. Jadi siswa maupun orang tua akan menerima hasilnya dengan tidak perlu bertemu guru dan datang ke sekolah. Cukup di rumah saja,” kata Kepala SMPN 1 Anjatan, Muhadi MPd kepada Radar, kemarin.

Kebijakan ini diambil supaya tidak ada siswa maupun orang tua yang berkumpul di sekolah saat pengumuman kelulusan yang dijadwalkan pada 5 Juni mendatang.

Karena pada saat kelulusan nanti, diperkirakan masih dalam masa penanganan Covid-19. Sehingga dihindari kegiatan yang dapat mengumpulkan orang banyak.

“Sekolah sudah mengimbau kepada para pelajar untuk tetap berada di rumah. Jangan ada yang kumpul-kumpul apalagi konvoi terutama setelah pengumuman kelulusan nanti,” jelasnya.

Selain pengumuman kelulusan, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi siswa kelas 7 dan 8 juga dilakukan secara daring. Jadwal PAT sendiri akan dilangsungkan mulai 3-9 Juni nanti. Rencana inipun sudah dipersiapkan secara matang oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Muhadi menjelaskan, pelaksanaan PAT tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Kondisi wabah Covid-19 mewajibkan siswa agar mengakses pelajaran sekolah dari rumah sehingga pelaksanaan PAT juga dilaksanakan di rumah masing-masing secara online.

“Untuk mendukung social distancing dan physical distancing PAT tahun ini akan diadakan secara online seluruhnya. Sehingga anak-anak dapat mengkases PAT dari rumah masing-masing,” jelasnya.

Menyikapi dampak Covid-19, SMPN 1 Anjatan beruntung karena didukung SDM guru yang memadai dalam penguasaan teknologi informasi (IT). Hal ini membuat aktivitas belajar mengajar selama masa belajar siswa di rumah tetap terlaksana dengan baik dan lancar. (kho)

News Feed