oleh

Berkah Ramadan, Pertamina Salurkan Bansos di Indramayu

INDRAMAYU-Memanfaatkan momen Ramadan 1441 H untuk meraih berkah, PT Pertamina (Persero) menebar kebaikan melalui berbagai kegiatan sosial guna membantu masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasi Kilang Balongan maupun Perumahan Pertamina Bumi Patra.

Pada Ramadan tahun ini, Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan merealisasikan santunan kepada ratusan anak yatim di desa penyangga kilang dan bantuan sosial (bansos) ke sejumlah pondok pesantren melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

Melalui lembaga Baituzzakah Pertamina (Bazma), Pertamina RU VI juga menyalurkan  Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) pekerja muslim RU VI yang disalurkan dalam bentuk sembako dan santunan kepada lebih 3.000 mustahik.

Tidak hanya itu, melalui Badan Dakwah Islam (BDI),  RU VI juga menyalurkan bantuan iftar ke sejumlah masjid, musala maupun rumah yatim dan panti asuhan di sekitar Indramayu.

General Manager Pertamina RU VI Balongan Nur Qadim mengungkapkan, seluruh bantuan yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasi Kilang Balongan.

“Kami berharap keberadaan Kilang Balongan senantiasa bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, terlebih saat ini banyak warga yang terdampak Covid-19 dan membutuhkan bantuan dari banyak pihak,” terang Nur Qadim.

Sementara itu, ucapan terima kasih diutarakan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah, Mizan Anwar kepada Pertamina RU VI Balongan yang memiliki kepedulian untuk meninjau lokasi pesantren sekaligus memberikan bantuan terhadap Ponpes yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah, saat ini masih ada hamba Allah yang peduli memberikan bantuan kepada pesantren di saat wabah seperti ini,” ujarnya.

Selain bantuan terkait Ramadan, selama masa pandemi Covid-19, Pertamina RU VI Balongan juga merealisasikan berbagai bantuan guna mencegah penyebaran virus corona di Indramayu.

Seluruh bantuan penanggulangan Covid-19 merupakan kolektif dari perusahaan serta organisasi yang ada di Pertamina RU VI Balongan diantaranya Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SPPBB), Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD), dan Persatuan Wanita Patra (PWP).

Bantuan guna menanggulangi penyebaran Covid-19 tersebut disalurkan dalam kurun waktu Maret-Mei 2020 ke beberapa instansi pelayanan publik di Indramayu, diantaranya kantor kedinasan, RSUD Indramayu, kantor kecamatan, kantor desa, Puskesmas, kantor kepolisian, hingga BPBD Indramayu.

Bantuan pencegahan Covid-19 dari RU VI disalurkan dalam bentuk wastafel portable, hand sanitizer, sprayer, cairan disinfektan, spanduk sosialisasi, masker kain, alat pelindung diri (APD) medis lengkap dan alat kesehatan lainnya.

Dalam rangka membantu masyarakat terdampak Covid-19, Pertamina RU VI Balongan juga menyalurkan bantuan 10 ton beras yang pendistribusiannya dilakukan bekerjasama dengan Polres Indramayu.

Dari keseluruhan bantuan baik terkait kegiatan Ramadan maupun Covid-19, Pertamina RU VI Balongan telah mengeluarkan bantuan dengan total sebesar Rp2 miliar.

Kepala Puskesmas Balongan Sohekah Nurdiani SKM MM ketika menerima bantuan APD dari RU VI juga sangat bersyukur karena bantuan tersebut sangat dibutuhkan tim medis dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada mayarakat Kecamatan Balongan. “Alhamdulillah, bantuan APD bisa membantu melindungi tim medis sebagai garda terdepan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan warga terutama terkait pencegahan Covid-19,” ujar Neni.

Seluruh bantuan yang disalurkan Pertamina RU VI diharapkan bisa membantu segenap lapisan masyarakat disaat masa pandemi Covid-19 di wilayah Indramayu. (oet/adv)

News Feed