oleh

Dharma Kencana Helat Webinar dengan Pelaku UMKM

INDRAMAYU-Dharma Kencana (DK) Indramayu menggelar diskusi kewirausahaan dengan menggunakan sistem aplikasi berbasis online, Kamis (14/5).

Kegiatan yang digelar di Sekretariat DK Indramayu di Desa Krasak Kecamatan Jatibarang itu diikuti para pelaku usaha mikro menenga (UMKM) dengan mengambil tema strategi jitu meningkatkan omzet UMKM di masa pandemi Covid-19.

Ketua DK Indramayu, Ayi Sumarna SP mengatakan, kegiatan webinar bagi para pelaku usaha yang tergabung dalam diskusi UMKM merupakan binaan Bank Indonesi (BI), yang saling sharing berbagai pengalaman dan ilmu melalui aplikasi Zoom.

Menurut Ayi, pelaku UMKM membutuhkan siasat dalam pemasaran karena mengalami penurunan omzet karena terbatasnya ruang gerak pengembangan usaha.

“Di tengah pandemi Covid-19, pelaku UMKM butuh ilmu lebih tentang strategi pemasaran saat ini,” ujarnya.

Kebijakan pemerintah penerapan PSBB, lanjut Ayi, berdampak pada terbatasnya kegiatan pemasaran produk-produk hasil UMKM. Sehingga, dengan websinar secara online ini,  pelaku UMKM mendapatkan strategi dan tips dalam memasarkan produk saat pandemi.

“Kita tidak tahu kapan Covid-19 berakhir, dari pada kita menunggu masih mending kita menyiasati bagaimana metode pemasaran yang lebih tepat di tahun ini, ya cara baru metode baru,” tukasnya.

Sementara itu, anggota DK Indramayu Shiqin mengatakan, pandemi Covid-19 sangat memukul dan menghentikan perlahan-lahan sektor perekonomian masyarakat, terutama sektor usaha UMKM, yang serba terbatas terutama bagi UMKM yang dalan pemasarannya hanya mengandalkan secara konvensional yang memasarkan produk hanya melalui tatap muka, dan jaringan komunikasi saja. “Kegiatan ini bisa membuka wawasan saya, bagaimana strategi memasarkan produk di saat pandemi, agar UMKM masih tetap jalan tidak terlalu terdampak di masa Covid-19. Ini pengalaman baru bagi pelaku usaha,” ujarnya. (oni)

News Feed