oleh

Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos Sudah Cair, Begini Cara Pengambilannya

INDRAMAYU – Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial Republik Indonesia mulai dicairkan melalui PT. Pos Indonesia untuk 12.200 keluarga penerima manfaat (KPM) se-Kabupaten Indramayu, Rabu (13/5).

Pencairan dana bantuan dilakukan secara bertahap per-kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah diatur di kantor Pos Jalan Siliwangi Kelurahan Paoman, Kecamatan Indramayu.

“Bantuan dari Kemensos RI ini ada 3 tahap, mulai bulan ini tahap pertama pencairannya. Tiap tahapnya 600 ribu rupiah. Jadi totalnya satu KPM mendapatkan 1,8 juta rupiah untuk 3 bulan,” Jelas Bahrul Hayat, petugas PT Pos Indonesia di Kabupaten Indramayu.

Sejak kemarin Selasa (12/5) PT Pos Indonesia wilayah Indramayu sudah menyalurkan 2200 KPM untuk kecamatan Indramayu. Sekarang jadwalnya untuk Kecamatan Pasekan.

Adapun sistem pengambilan bantuan dari Kemensos RI ini, para KPM membawa kartu dari PT Pos Indonesia berisi identitas diri penerima bantuan dan scan barcode untuk 3 tahap dari Mei sampai Juli 2020. Selain itu, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi ditunjukkan ke petugas untuk dicek keasliannya.

“Saya merasa senang dengan bantuan dari Kementerian Sosial ini. Di situasi wabah Corona yang sulit ini, apalagi ada aturan PSBB, pemerintah hadir meringankan beban ekonomi keluarga saya. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Kemensos RI dan PT Pos Indonesia yang telah mengurus bantuan ini hingga sampai di tangan saya,” kata Castinih (49), KPM asal Desa Pabeanilir, Kecamatan Pasekan.

Untuk diketahui, bagi KPM yang berhalangan hadir karena sakit atau berusia lanjut (Lansia ) maka PT Pos Indonesia Kabupaten Indramayu akan mengirimkan langsung dana bantuan ke rumah yang bersangkutan. Sehingga semuanya mendapatkan manfaat dari program ini. (jml/cup)

News Feed