oleh

Samsat Keliling Kembali Beroperasi

INDRAMAYU-Sempat mandeg, layanan Samsat Keliling (Samling) di wilayah kerja Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Indramayu II Haurgeulis kembali beroperasi.

Sebelumnya, layanan mobile yang biasanya standby di beberapa lokasi wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar) secara terjadwal itu dihentikan sementara karena penyebaran Covid-19.

Selain Samling, Samsat Haurguelis juga telah membuka layanan Samsat Gendong, Samsat Desa dan Samsat Kecamatan untuk melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) masyarakat sejak Senin (11/5).

“Empat layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor itu sekarang sudah kembali dioperasikan. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir kerumunan wajib pajak di kantor Samsat Induk,” kata kepala Samsat Haurgeulis, H Deni Handoyo SSos MM kepada Radar Indramayu, Selasa (12/5).

Pun demikian, beroperasinya layanan mobile dan gerai pembayaran PKB tersebut tetap memperhatikan standar protokol kesehatan secara ketat bagi wajib pajak maupun para pegawai Samsat.

Dimana di empat pelayanan itu disediakan, hand sanitizer, melakukan pengecekan suhu tubuh kepada wajib pajak, mewajibkan penggunaan masker, serta menerapkan physical distancing di area pelayanan. “Kita tetap menerapkan SOP kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” jelasnya.

Kembali beroperasinya layanan langsung PKB ini disambut positif oleh masyarakat. Mereka mengaku keberadaan Samsat Keliling, Samsat Gendong, Samsat Desa dan Samsat Kecamatan sangat membantu wajib pajak yang hendak membayar pajak kendaraan tanpa harus jauh-jauh ke kantor Samsat Haurgeulis.

“Sekarang aktivitas masyarakat di batasi karena ada penerapan PSBB. Ke Samsat Induk jauh belum lagi nanti kena razia. Enak di Samling, pelayanannya lebih cepat, mudah dan hemat bensin,” ujar Cecep salah seorang wajib pajak. (kho)

News Feed