oleh

Akhirnya, Bantuan Sosial Tunai Cair

INDRAMAYU-Setelah ditunggu sekian lama, bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp 600 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos) akhirnya diterima warga Indramayu yang terdampak Covid-19, mulai Sabtu (9/5). Bantuan tersebut disalurkan melalui Kantor Pos Indramayu di Jalan Siliwangi Indramayu.

Pantauan Radar Indramayu, Minggu (10/5), warga memadati halaman Kantor Pos untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut. Meski demikian, tidak sampai terjadi desak-desakan karena pemberian bantuan memang bergiliran untuk setiap desa.

Ketua Satgas Covid-19 Kantor Pos Kabupaten Indramayu, Prima Akbar Kurnia menjelaskankan, pencairan BST ini sudah dilakukan secara serentak mulai hari Sabtu (9/5). “Hari ini merupakan penyaluran hari kedua, karena penyaluran dilakukan secara bertahap,” terang Prima, Minggu (10/5).

Prima Akbar Kurnia menjelaskan, untuk wilayah Kabupaten Indramayu sedikitnya ada 12.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan bantuan sosia tunai (BST). Dikatakannya, mereka yang mendapat BST adalah masyarakat yang berbeda dengan penerima bantuan lainnya yang diberikan pemerintah.

Untuk memastikan hal tersebut, Kantor Pos Indramayu juga sudah melakukan validasi data dan tidak ada KPM yang menerima bantuan double. “Jadi tidak akan terjadi ada warga yang menerima bantuan dobel dengan bantuan lainnya,” kata Prima.

Seperti diketahui, pemerintah menyalurkan bantuan terhadap seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 melalui 9 pintu bantuan. Yakni, PKH, Kartu Sembako, Bantuan Sosial Presiden Bodebek, Kartu Prakerja, Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Sosial Provinsi, Bantuan Sosial Kabupaten/Kota dan Bantuan Makan/Nasi Bungkus. Bantuan tersebut akan berjalan selama tiga periode mulai Mei, Juni, dan Juli 2020. (oet)

News Feed