oleh

Gelar Sedekah Tani, STI Bagikan 7 Ton Beras

INDRAMAYU – Di tengah pandemi Covid-19, Serikat Tani Indramayu (STI) melakukan kepedulian kepada masyarakat sekitar, dengan mambagikan beras dalam acara Sedekah Tani, Jumat (8/5). Untuk tahun ini, sebanyak 7 ton beras berhasil terkumpul.

Ketua STI, Mujahid menjelaskan, sedekah tani merupakan acara rutin organisasi yang digelar setiap tahun. Setiap pasca panen STI mengumpulkan sedekah dari para anggotanya, untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan bantuan. Di antaranya anak-anak yatim, lansia dan kaum difabel.

Dijelaskan Jahid, alur program adalah anggota secara sukarela menyalurkan sedekahnya di pimpinan basis masing-masing. Dari basis dibawa ke sekretariat pimpinan kolektif, yang beralamat di Desa Tanjungkerta Blok Bojongraong Kecamatan Kroya. “Sedekah anggota dalam bentuk gabah, oleh panitia gabah itu digiling/selip menjadi beras. Beras itulah yang kemudian disalurkan kepada masyarakat. Tiap orang mendapatkan 5 kg beras yang sudah dikemas oleh panitia,” terang Jahid.

Tersendatnya arus perekonomian di pedesaan saat ini merupakan bentuk dampak pandemi Covid-19 yang banyak membuat masyarakat kehilangan mata pencahariannya. Oleh karena itu dengan adanya acara rutin sedekah tani ini, menjadi hal yang sangat dibutuhkan ditengah pandemi Covid-19. (oet)

News Feed