oleh

Seribu Lebih KPM Terima KKS Sembako

INDRAMAYU-Sebanyak 1.646 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kecamatan Karangampel berhak menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Perluasan Sembako tahun 2020. Proses pencairan mulai dilakukan Kamis (7/5), secara bergiliran untuk masing-masing desa. Hal ini untuk menghindari adanya penumpukan massa di tengah pandemi Covid-19.

Camat Karangampel, Dadang Oce Iskandar melalui Sekmat Karangampel, Roshadian Purnama menjelaskan, untuk Keecamatan Karangampel ada 1.646 KPM penerima KKS Perluasan Sembako, yang penyalurannya melalui BNI dan mitranya. Dari 1.646 KPM tersebut tersebar di 11 desa.

“Proses pendistribusian kami jadwal agar tidak terjadi penumpukan massa. Kami juga menerapkan protokol kesehatan, dengan menyediakan sabun dan air cuci tangan. Mereka yang datang juga harus memakai masker, dan akan dicek suhunya terlebih dahulu,” kata Roshadian.

Dijelaskannya, pendistribusian KKS Perluasan Sembako ini mulai dilakukan Kamis (7/5), yang meliputi tiga desa. Yakni Desa Pringgacala (194 KPM), Tanjungsari (102 KPM), dan Karangampel Kidul (253 KPM). Kemudian Jum’at (8/5) ada empat desa, yakni Karangampel (152 KPM), Benda (135 KPM), Kaplongan Lor (137 KPM), dan Tanjungpura (120 KPM).

Kemudian untuk hari terakhir, Sabtu (9/5) ada empat desa, yakni Mundu (187 KPM), Dukuhjeruk (143 KPM), Dukuhtengah (117 KPM), dan Sendang (106 KPM).

Sementara itu, Abdul Nasir Amd dari Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Karangampel mengatakan, untuk hari pertama pendistribusian KKS berjalan lancar dan aman. Menurutnya, hal tersebit dikarenakan persiapan di masing-masing desa memang sudah dilakukan cukup baik.

Dijelaskannya, KKS merupakan program pemerintah pusat, dimana keluarga penerima manfaat mendapatkan kartu semacam ATM dimana saldonya sebesar Rp200 ribu. Namun mereka tidak menerima uang melainkan dalam bentuk sembako berupa beras dan telur. “Untuk pengurusan administrasi memang di tingkat kecamatan, sementara pencairan dilakukan di e-warung yang sudah bekerjasama dengan BNI,” jelasnya.

Pendistribusian KKS di Kecamatan Karangampel juga dijaga ketat aparat kepolisian dari Polsek Karangampel dibawah pimpinan Kapolsek Kompol Heriyadi MD SH. Selain itu juga dibantu anggota TNI dan Satpol PP Kecamatan Karangampel. (oet)

News Feed