oleh

Perpustakaan S16 Buat Konten Digital

INDRAMAYU- Pandemi corona virus disease 19 (Covid-19) yang terjadi di Indonesia, menjadi sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat, tidak terkecuali masyarakat Kabupaten Indramayu. Namun, di balik pandemi tidak membuat orang-orang kreatif kehilangan daya kreativitasnya.

Seperti Perpustakaan 16. Minimnya pengunjung karena ada wabah corona, membuat pengelola perpustakaan berinisiatif menghadirkan konten digital seperti video motivasi, dan puisi serta meme motivasi kehidupan selama bulan Ramadan yang diunggap secara langsung via WhatsApp (WA) dan media sosial.

Pengelola Perpustakaan S16, Ahmad Khoeri SPd mengatakan, semenjak adanya pandemi corona pengunjungnya mengalami penurunan. Sebagai upaya menyikapi Covid-19, katanya, Perpustakaan S16 memulai membuat konten digital. Pasalnya, lanjut Ahmad, jika menunggu wabah Covid-16 selesai, akan menghambat perkembangan literasi di Kabupaten Indramayu.

“Sebelumnya sempat akan mengadakan pesantren Ramadan, tapi karena ada masukan dari orang tua, DKM, dan MUI yang melarang untuk membuat perkumpulan, dari situlah tercetus ide membuat konten digital yang bisa diakses semua orang, termasuk pengunjung perpustakaan,” ujarnya.

Dalam pembuatan konten digital yang disebarkan lewat medsos dan online, Perpustakaan S16 membuat berbagai konten mulai dari mensosialisasikan bahaya corona dan penerapan perilaku hidup bersih, berdakwah, dan berpuisi yang semuanya dilakukan secara daring. “Tidak tanggung-tanggung ada 1.200 orang yang menjadi follower,” ujarnya.

Diakui Khoeri, kendati wabah pandemi covid-19 berdampak pada pengunjung perpustakaan, tetapi beberapa pengunjung mahasiswa tingkat akhir tetap ada yang datang untuk mengetahui perkembangan literasi di desa. (oni)

News Feed