oleh

Covid-19, Warga Tetap Ngabuburit

INDRAMAYU-Masyarakat ternyata lebih banyak yang tidak peduli dengan pandemi Covid-19. Meski pasien terus bertambah dan jumlah korban meninggal juga semakin banyak, mereka terlihat biasa saja.

Meski sosialisasi terus dilakukan oleh pemerintah bersama kepolisian dan TNI, namun imbauan pemerintah maupun maklumat kapolri seperti tak berarti.

Kondisi tersebut bisa dilihat di wilayah Kecamatan Karangampel setiap hari, terutama sore hari menjelang Magrib. Lalu lalang kendaraan, terutama sepeda motor, tetap ramai seperti puasa tahun-tahun sebelumnya. Ironisnya, masih banyak yang tidak memakai masker. Padahal saat ini adalah puasa di tengah pandemi. Di tengah imbauan pemerintah agar tidak keluar rumah, agar tetap tinggal di rumah, agar tidak berkerumun dan menjaga jarak, agar memakai masker ketika bepergian.

Mereka kebanyakan mengaku terpaksa keluar rumah untuk mencari makanan buat berbuka. Baik takjil maupun lauk pauk. Mereka memadati sejumlah tempat yang menjual aneka makanan. Mulai dari Terminal Karangampel yang berubah menjadi tempat kuliner, hingga pedagang dadakan yang muncul di sepanjang jalan.

“Saya keluar rumah memang karena ingin mencari makan untuk berbuka,” kata Nasir, salah seorang warga Karangampel.

Kapolsek Karangampel, Kompol Heriyadi MD SH mengatakan, pihaknya bersama Camat Karangampel dan Danramil Karangampel sebenarnya sudah melakukan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19. Bahkan sosialisasi juga dilakukan ke desa-desa. Meski demikian, kesadaran masyarakat untuk memakai masker masih rendah. Termasuk kesadaran mereka untuk tetap tinggal di rumah. (oet)

News Feed