oleh

Meski Dilarang Jualan, Pedagang Takjil Tetap Jualan

INDRAMAYU- Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh berkah. Keberkahan itu benar-benar dirasakan oleh para penjual takjil musiman di sepanjang jalan protokol Indramayu. Mereka menjual aneka makanan guna berbuka piasa bagi umat Islam.

Pantaun di sepanjang jalan raya di Kelurahan Karanganyar dan Karangmalang, puluhan pedagang penjual takjil musiman tampak ramai. Saking ramainya pembeli, jalan raya menuju keluarahan tersebut macet apabila menjelang berbuka puasa.

Puiuhan petugas gabungan juga berjaga jaga untuk mengatur arus lalu lintas, mereka (pedagang, red) tetap memilih berjualan karena momen itu hanya bisa dilakukan setiap datangnya bulan Ramadan.

“Alhamdulillah kami bisa meraup rezeki 300 sampai 500 ribu rupiah jika semuanya habis per-hari. Minimal sepi-sepinya kami bisa dapat 200 ribu rupiah dari jualan takjil sore ini,”jelas Rani (44), penjual takjil.

Penjual taksil lainnya juga ramai di kunjungi pembeli yaitu di. jalan raya Kecamatan Tukdana, Indramayu. Aneka kudapan takjil yang dijual ada es buah, kolak pisang, kolang-kaling, rujak kangkung, gorengan, hingga manisan stup roti.

Tidak hanya satu pedagang, banyak juga ditemukan pedagang lain yang siap melayani pelanggan yang beraktivitas ngabuburit untuk mencari jajanan takjil buka puasa.

“Kami buka dagangan mulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB. Namun, mulai ramai pembeli itu sekitar pukul 17.00 WIB,” Katanya kepada tim radarindramayu,”jelas Puji (25), penjual takjil.

Namun, lanjut Puji, karena masih dalam situasi pencegahan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), memberikan peringatan agar para pedagang menggunakan masker ketika berjualan.

“Benar Satpol PP Indramayu mengimbau para pedagang takjil agar pakai masker. Jarak antar pedagang harus 10 meter. Waktu jualan juga dibatasi pukul 14.00 WIB sampai 18.00 WIB. Lebih dari itu, terpaksa kami tertibkan. Pembeli dianjurkan tidak makan ditempat, tapi dibungkus untuk dibawa pulang saja,”terang Teri, seorang staf di Markas Satpol PP Indramayu.

Untuk diketahui, selama bulan suci Ramadan para pedagang takjil dengan mudah ditemui di kota Indramayu terutama di Jalan Yos Sudarso Karangturi, Jalan Siliwangi Paoman, Jalan Jenderal Sudirman, hingga Jalan Ahmad Yani Pasar Mambo. (Jml/Cup)

News Feed