oleh

Awal Puasa, Harga Sayuran Melonjak

INDRAMAYU- Hari ketiga di bulan puasa, harga sayuran di Pasar Daerah Jatibarang mengalami lonjakan yang drastis.

Berdasarkan pantauan wartawan koran ini, Minggu (26/4), kenaikan harga terjadi pada sejumlah komoditi sayuran, yakni cabai dan bawang, kol, tomat, dan wortel.

Salah seorang pedagang sayuran, Ato (42) mengatakan, kenaikan harga sayuran seperti jenis cabai dan bawang sudah terjadi sebelum memasuki bulan puasa, namun harganya cenderung fluktuatif naik turun. Tetapi, kenaikan dan penurunannya masih berada di atas harga normal. “Ya dibilang sedang naik dari kemarin-kemarin sudah mengalami kenaikan mas, mungkin karena imbas dari corona stok pengirimannya terbatas,” ujarnya.

Dikatakannya, harga semua jenis cabai saat ini mengalami kenaikan. Untuk cabai merah, merah keriting, rawit dan rawit setan berada angka Rp40 ribu/kg. Sedangkan cabai hijau tembus pada level harga Rp35 ribu/kg.

“Harga bawang merah dan bawang putih masih bertahan pada harga Rp 40 ribu per kilogram. Kalau harga normal bawang merah bisa Rp22 ribu/kg,” ujarnya. Sementara itu harga kol naik dari Rp7 ribu/kg menjadi Rp12 ribu/kg. Harga tomat berada pada harga Rp16 ribu/kg, dan wortel ikut mengalami kenaikan harga menjadi Rp8 ribu/kg.

Kenaikan harga sayuran ini mendapat berbagai komentar dari para konsumen, salah satunya Munari (43). Menurutnya, kenaikan harga-harga sejumlah kebutuhan dapur saat puasa sangat memberatkannya. Hal itu, membuat harus mengurangi jumlah belanjaannya untuk kebutuhan dapur rumah tangga. “Terasa sekali dampak kenaikan harga ini. Mungkin karena imbas dari corona kali ya, semoga saja bisa kembali normal harganya,” ujarnya. (oni)

News Feed