oleh

Akamigas Balongan Cetak SDM Mahasiswa Unggul di Era 4.0

INDRAMAYU- Pandemi corona virus disease 19 (Covid-19) tidak menghentikan langkah Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) mahasiswa yang unggul sebagai langkah mempersiapkan lulusan-lulusan yang siap menghadapi era industri 4.0.

Berbagai program perkuliahan diberikan kepada mahasiswa selama pandemi Covid-19 diantaranya Akamigas Balongan menerapkan program perkuliahan secara online atau dalam jaringan (daring). Selain itu, ujian tengah semester, seminar KP, dan sidang TA dilakukan secara online dengan sistem yang sudah terbentuk.

Direktur Akamigas Balongan Ir Hj Hanifah Handayani MT mengatakan upaya Akamigas Balongan dalam mempersiapkan mutu SDM mahasiswa dan lulusan bukan hanya melalui bidang akademik, tetapi nonakademik. Sehingga, dalam mengikuti proses perkuliahan mahasiswa memperoleh materi dari dosen yang berkompeten di setiap bidang baik itu Teknik Perminyakan (TP), Teknik Kimia (Tekim) dan Fire and Safety (FS), namun juga diberikan skill yang mumpuni di masing-masing program studi (prodi).

“Akamigas Balongan memberikan subsidi Rp75 ribu per mahasiswa per bulan selama 3 bulan sebagai kompensasi mengikuti perkuliahan sistem daring, selama SARS CoV2 (Covid-19,red), jadi mahasiswa masih tetap mengikuti perkuliahan seperti biasanya namun dengan cara yang berbeda,” terangnya.

Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, Akamigas Balongan juga mengambil langkah penyemprotan di area kampus dua kali dalam seminggu, pengecekan suhu tubuh bagi orang yang memasuki area kampus Akamigas Balongan, menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat di area kampus, pembagian masker gratis ke penduduk Indramayu, dan selama Covid-19 Akamigas Balongan memberikan makanan bagi anak yatim dan jompo setiap harinya.

Hanifah menegaskan, Akamigas Balongan tidak membuka cabang kampus di daerah manapun. Kampus Akamigas Balongan hanya ada satu di Kabupaten Indramayu yaitu hanya ada di Jalan Soekarno-Hatta Pekandangan.

Akamigas Balongan pun dalam menyalurkan lulusannya yang siap kerja dan diterima di semua sektor perusahaan dan industri, telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahan migas dan nonmigas baik skala nasional maupun luar negeri. Salah satunya bekerjasama dengan Pertamina terkait pengembangan RU VI Pertamina, tentang penyiapan SDM lulusan mahasiswa Akamigas Balongan yang dibutuhkan Pertamina.

“Dalam mempersiapkan era 4.0, Akamigas Balongan semakin mantap. Lulusan kami bisa diterima di pangsa perusahaan migas dan non migas, mereka dibekali sertifikat keahlian, kami pun telah bekerjasama dengan Pertamina, yang siap mengambil lulusan Akamigas Balongan,” pungkasnya. (oni/adv)

News Feed