oleh

Masif Bubarkan Kerumunan Warga

INDRAMAYU- Berbagai langkah terus ditempuh gugus tugas pencegahan corona di Kecamatan Tukdana. Mulai dari melakukan penyemprotan disenfektan, pemeriksaan warga yang baru pulang dari tempat rantauan dan luar negeri, hingga meniadakan kegiatan pasar malam di setiap desa.

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Tukdana juga secara masif melakukan penertiban aktivitas warga yang masih berkerumun di pinggiran jalan dan tempat pertemuan.

Koordinator Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Tukdana Darto SIP mengatakan, penertiban kerumunan warga melibatkan petugas TNI-Polri. Menurut Darto, tim gugus tugas bersama petugas setiap hari menertibakan warga membandel meski sudah diberikan sosialisasi dan peringatan terutama anak-anak muda yang masih nongkrong  di malam hari mulai dari jam 21.00 sampai 00.00 WIB.

“Setiap hari setiap malam selalu bergerak menyisir kerumunan warga di 13 desa. Petugas gabungan terus mobile berkeliling setiap malam, ketika ada yang berkumpul dibubarkan,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Darto, juga melakukan sosialisasi bahaya Covid-19 dengan memberikan imbauan agar masyarakat tetap mengikuti instruksi pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona. Selain itu, sambungnya, memasang spanduk sebagai sarana edukasi warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih, terutama harus mencuci tangan setelah beraktivitas.

Terkait para pendatang, pihaknya bekerjasama dengan relawan gugus tugas covid-19 tiap desa melakukan pendataan. “Kita bersama petugas kesehatan melakukan pemeriksaan medis, cek suhu tubuh, tanya seputar kesehatan, setelah itu diminta isolasi diri selama 14 hari,” terangnya.

Darto berharap, melalui kegiatan pencegahan Covid-19 yang secara intens dilakukan bisa mencegah penyebaran virus corona.

Sementara itu, masyarakat Tukdana, Suleman mengatakan, masyarakat Tukdana sangat mendukung upaya gugus tugas pencegahan Covid-19 yang semakin gencar sosialiasi bahaya corona. Menurutnya, masyarakat butuh kegiatan sosialisasi yang bisa memberikan pengetahuan lebih tentang virus corona, seperti bahaya corona dan bagaimana cara agar terhindar dari virus. (oni)

News Feed