oleh

Jalur Mudik Pantura Lancar

INDRAMAYU-Jelang pelarangan mudik, jalur pantura Kabupaten Indramayu terpantau lancar, Rabu (22/4).

Tidak terdapat penumpukan kendaraan maupun lonjakan pemudik melintasi jalan nasional pasca pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2020 bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Sebagaimana diketahui, kebijakan larangan mudik mulai berlaku secara efektif pada Jumat (24/4) besok.

Sepanjang hari kemarin, arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon maupun sebaliknya terpantau normal. “Memang ada sih motor mobil plat nomor Jawa Tengah, Yogya  dan Jawa Timur, tapi jumlahnya sangat sedikit,” ujar Wandi, salah seorang warga di Jalan Raya Pantura Patrol.

Senada disampaikan Kepala Sub Terminal Patrol, Mardianto. Pergerakan penumpang dari wilayah Jabodetabek yang turun di kawasan terminal terbilang minim. Demikian pula calon penumpang yang akan berangkat menuju arah Jakarta. “Normal, tidak ada lonjakan penumpang turun,” katanya.

Mardianto yang juga penanggung jawab Posko Check Point Pencegahan dan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Indramayu area Terminal Patrol, mengatakan, sepinya pemudik tak membuat upaya sosialisasi antisipasi penularan virus corona terhenti.

Bersama dengan jajaran Polri, TNI, Satpol PP, BPPBD dan Dinas Kesehatan, dilaksanakan sosialisasi penerapan protokol transportasi kesehatan kepada sopir angkutan umum dan calon penumpang. Salah satunya mewajibkan sopir maupun calon penumpang agar menggunakan masker serta saling menjaga jarak.

Pasalnya, meski sudah diberikan masker gratis, tapi terkadang tidak mereka gunakan. Sehingga kemudian petugas memberi peringatan dan teguran. “Kadang-kadang mereka sudah diberi masker kemudian tidak digunakan, nah kita terus melakukan sosialisasi, mengingatkan, tidak hanya imbauan,” tegas peraih penghargaan sebagai Kepala Terminal Teladan tahun 2018 ini. (kho)

News Feed