oleh

DKM Islamic Centre Helat Salat Tarawih, Jamaah Wajib Jaga Jarak

INDRAMAYU – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu telah mempersiapkan salat sunnah tarawih berjamaah di bulan suci Ramadhan 1441 H/ 2020 M.

Hal ini mempertimbangkan kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indramayu dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Indramayu tentang tata cara pelaksanaan ibadah salat tarawih.

“Ada berbagai penyesuaian yang kami lakukan untuk melaksankan salat tarawih di bulan Ramadhan tahun ini. Salah satunya jarak antar jamaah saat salat yaitu diatur 1 meter agar aman dari penyebaran Covid-19,” jelas Ahmad Hammam SPdI, bagian sekretariat bidang keagamaan Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan, Rabu (22/4)

Para jamaah yang berniat salat tarawih di Islamic Center, dianjurkan membawa sajadah dan masker sendiri. Adapun, lanjut dia, hand sanitizer dan sabun cuci tangan sudah disiapkan oleh pihak DKM Islamic Centre.

“Kami mengimbau agar jamaah membawa sajadah dan masker pribadi, untuk hand sanitizer dan sabun cuci tangan, kita sediakan,”imbuhnya.

Adapun penyesuaian program salat tarawih Ramadhan tahun ini, diantaranya Imam hanya akan membaca surat pendek di juz 30 saja. Padahal tahun sebelumny, satu hari 1 juz, tidak ada ceramah kuliah tujuh menit (kultum) ataupun kuliah Subuh (kulsub), serta tempat sudah disemprot disinfektan agar menjaga kesehatan para jamaah.

“Sejak adanya wabah Covid-19, kami melakukan penyemprotan disinfektan 2 hari sekali. Bahkan kalau hari Jumat, sebelum salat Jumat dan sesudahnya kami juga melakukan penyemprotan di semua ruangan ibadah, jadi insya Allah para jamaah bisa beribadah dengan aman dan nyaman,”pungkasnya. (Jml/cup)

News Feed