oleh

Bangunan SDN 3 Kiajaran Kulon Nyaris Ambruk, Platfon Jebol, Kusen-kusen Keropos

INDRAMAYU- Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kiajaran Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu nyaris ambruk. Atap plafon jebol, kusen pintu dan penyangga bangunan keropos serta tembok pada retak karena belum pernah tersentuh bangunan.

Pantauan Radar Indramayu, kondisi bangunan sekolah cukup memprihatinkan, selain tembok retak juga sudah tidak layak
untuk dilaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi siswa. Sehingga sangat wajar, apabila musim hujan tiba, siswa terpaksa diliburkan oleh pihak sekolah

Mereka (sisswa, red) sangat khawatir gedung tiba-tiba roboh, dan mengenai kepalanya atau bagian tubuh mereka. Sebab sebelumnya ada dua siswa yang sedang belajar, tertimpah runtuhan bangunan.

“Ada dua orang korban yang kepalanya tertimpa platfon yang jebol. Namun untungya mereka masih bisa diselamatkan,”jelas Kepala UPTD SDN 3 Kiajaran Kulon Dulhanan SPd di ruang kerjanya, Rabu (22/4)

Pihak sekolah beserta wali murid, memohon perhatian kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, agar segera membangun sekolah yang kondisinya nyaris ambruk tersebut.

“Kami sudah lama mengajukan proposal permohonan perbaikan gedung ini agar kembali berfungsi dengan baik. Bahkan, pengajuan sudah 2 tahun berturut-turut.. Namun, belum ada tindak lanjut dari dinas terkait,”tegasnya.

Sekolah merasa kebingungan dengan kondisi bangunan yang harus segera dibangiun. Sedangkan, lanjut dia, mayoritas warga lingkungan sekitar adalah buruh tani dan pekerja serabutan. Jadi, tidak memungkinkan untuk memungut dana swadaya dari masyarakat untuk memperbaiki, apalagi membangun kembali gedung sekolah yang baru.

“Jika bangunan tidak layak ini terus dibiarkan begitu saja, tanpa adanya empati dari pemerintah, maka suasana KBM terasa mencekam serta tidak akan pernah kondusif,”pungkasnya. (Oni/Jml/mg)

News Feed