oleh

Pemdes Lempuyang Lakukan Wajib Cek Suhu Tubuh Cegah Penyebaran Covid-19

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Lempuyang, Kecamatan Anjatan serius melakukan pencegahan potensi penyebaran corona virus disease-19 (Covid-19).

Keseriusan diwujudkan dengan menyiapkan tempat cuci tangan (wastafel) dengan sabun antiseptic cair di depan pintu masuk kantor desa. Setiap pamong desa maupun pengunjung, wajib memakai masker dan menjalani pemeriksaan suhu badan.

Bila ada pegawai ataupun pengunjung yang suhu badan di atas 38 derajat, maka disarankan untuk pulang dan memeriksa diri ke dokter atau puskesmas. “Sesuai imbauan pemerintah, kami terapkan protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19,” kata Kuwu Desa Lempuyang Taufik Hidayat kepada Radar, Senin (20/4).

Peraturan wajib cuci tangan serta cek suhu tubuh ini sudah diberlakukan sejak sebulan lalu. Tak hanya itu, social distancing atau jaga jarak juga diberlakukan setiap pelaksanaan rapat maupun pelayanan kepada warga.

Kuwu Desa Lempuyang Taufik Hidayat menjelaskan, mencegah risiko penularan Covid-19 juga dilakukan dengan menggalakkan kampanye wajib memakai masker saat beraktivitas di tempat publik.

Kegiatan kampanye ini dilakukan relawan Gempita bentukan Pemerintah Desa Lempuyang dibarengi dengan pembagian masker kain secara gratis kepada masyarakat.

Sebelumnya mereka menggelar aksi penyemprotan cairan disinfektan, pendataan pemudik serta sosialisasi edukasi pencegahan virus corona memanfaatkan mobil siaga.

“Jadi siapapun warga di Desa Lempuyang harus memakai masker ketika kegiatan di luar rumah. Lewat aksi kampanye ini, kami ingin masyarakat paham dan sadar untuk menjaga orang lain tetap aman maka harus dimulai dari diri sendiri,” terangnya.

Ia menyebutkan, Pemdes Lempuyang membagikan gratis ratusan masker kain yang diproduksi oleh penjahit lokal. Masker kain ini dinilai efesien lantaran bisa digunakan berulangkali dan dicuci dengan deterjen.

Selain diminta memakai masker, masyarakat juga diimbau mematuhi protokol kesehatan seperti physical distancing, mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dengan begitu masyarakat diharapkan tidak menjadi cemas, namun tetap waspada agar terhindar dan terpapar virus corona.

“Kalau kita disiplin mengenakan masker selain menjaga jarak dan berdiam di rumah serta rajin mencuci tangan, saya yakin penyebaran corona dapat di kurangi. Tidak perlu panik dan cemas yang berlebihan melawan penyakit ini,” harapnya. (kho)

News Feed