oleh

Hasil Panen Petani Mulyasari Memuaskan

INDRAMAYU- Di tengah wabah virus corona (Covid-19), tidak mempengaruhi hasil panen padi petani. Bahkan, Kelompok Tani Karya Mulya Desa Mulyasari Kecamatan Bangodua memperoleh hasil panen padi yang sangat memuaskan.

Koordinator BPP Bangodua Hj Tarminah SP menyebutkan, panen perdana musim rendeng di Kelompok Tani (KT) Karya Mulya saat wabah Covid-19, tidak menghalangi petugas pertanian di Kecamatan Bangodua untuk mengawal kegiatan panen. Dijelaskannya, panen padi varietas mekongga yang ditanam KT Karya Mulya memperoleh hasil yang memuaskan yakni 8,8 ton per hektare.

Kendati pandemi corona, lanjutnya, penyuluh tetap menjalankan tugasnya memberikan pendampingan kepada para petani.

Saat ini, lanjut Tarminah, peran petani sangat dibutukan untuk menjaga stok beras di tengah wabah corona. “Indramayu merupakan salah satu lumbung padi nasional. Untuk itu, penyuluh bersama petani berusaha agar stok pangan nasional dan Jawa Barat terpenuhi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KT Karya Mulya, Yanto didampingi anggotanya Sakrim mengatakan, wabah virus corona tidak membuat kelompok tani surut dalam melakukan berbagai kegiatan pertanian, khususnya menjaga ketersediaan pangan nasional. “Kita petani punya tanggung jawab menjaga stok pangan nasional. Kalau kami ikut terdampak tidak bisa mengolah lahan siapa yang akan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ujarnya.

Yanto bersyukur, hasil panen perdana kelompoknya memperoleh hasil yang memuaskan. Pihaknya berterimakasih kepada para penyuluh yang selalu memberikan pendampingan dalam proses pemupukan dan pengendalian hama. (oni)

News Feed