oleh

Pemdes Tulungagung Bentuk Relawan Siaga Covid-19

INDRAMAYU-Dalam upaya percepatan penanganan virus corona, Pemerintah Desa (Pemdes) Tulungagung Kecamatan Kertasemaya membentuk relawan siaga Covid-19, Selasa (14/4), di kantor kuwu setempat.

Kuwu Tulungagung Hj Hartinih menyampaikan, pembentukan relawan Covid-19 merupakan bentuk ikhtiar pemerintah desa dalam pencegahan Covid-19 di tingkat desa. Apalagi, kata Hartinih, letak Desa Tulungagung yang strategis di jalan pantura yang menjadi jalur utama mobilitas masyarakat. “Kita harus bekerjasama saling bahu membahu antara pemerintah, lembaga, dan lapisan masyarakat untuk memerangai Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Hartinih, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemdes Tulungagung bersama kepolisian sektor (Polsek) Sukagumiwang memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan orang banyak atau kerumunan massa. “Selain itu kami juga menerapkan karantina mandiri bagi mereka yg baru datang dari daerah lain terutama zona merah,” kata Hartinih.

Tidak sebatas imbauan, Pemdes Tulungagung turut menyediakan sarana penunjang penanganan Covid-19 yang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Indramayu berupa bahan disinfektan untuk penyemprotan di lingkungan RT, dan menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk relawan dan memproduksi masker. “Melalui pemberdayaan keterampilan menjahit warga, kita memproduksi masker untuk dibagikan kepada masyarakat dan lembaga-lembaga,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Kertasemaya H Carbadi SKM mengatakan, dalam memutus rantai penyebaran virus corona  masyarakat harus ikut mematuhi aturan dari pemerintah untuk menjaga kesehatan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan dan menjaga jarak.

“Jangan lupa menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Ddalam beraktivitas selalu bawa hand sanitizer, jaga kesehatan, setop penyebaran virus dengan semangat gotong royong,” ujarnya. (oni)

News Feed