oleh

DPRD Usulkan Tagihan PDAM Gratis

INDRAMAYU-DPRD Kabupaten Indramayu mengusulkan agar tagihan air PDAM bisa digratiskan bagi warga terdampak Covid-19. Kebijakan ini dinilai bisa mengurangi beban warga miskin yang terdampak ekonomi akibat wabah virus corona.

“Ya ini usulan kami, bagi pelanggan PDAM khususnya pelanggan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) kalau bisa digratiskan,” kata Ketua DPRD Indramayu H Syaefudin SH, kemarin.

Syaefudin mengatakan, usulan ini akan segera dikirimkan ke eksekutif untuk dikaji. Sejumlah fraksi di DPRD Kabupaten Indramayu juga dikabarkan memiliki pandangan yang sama. Syaefudin menilai, PDAM Tirta Darma Ayu sebagai badan usaha milik daerah, bisa mempertimbangkan kebijakan menggratiskan tagihan air bagi warga miskin atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“PLN sudah melakukan kebijakan soal tagihan listrik. Saya juga yakin, PDAM bisa melakukan hal yang sama. Insya Allah tidak akan rugi,” tegasnya.

Syarfudin menilai, MBR menjadi segmen yang terdampak akibat pandemi virus corona. Apalagi, saat kebijakan social distancing, banyak masyarakat berpenghasilan rendah, mengalami kesulitan ekonomi.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Indramayu, H Abdul Rohman SE MM, ternyata juga berpandangan sama. Ia menilai, PDAM Tirta Darma Ayu, bisa melakukan kebijakan tagihan air gratis. “Saya kira minimal dalam dua hingga tiga bulan kedepan, MBR bisa digratiskan. Manajamen bisa melakukan simulasi kebijakan keuangan, jika tagihan air digratiskan. Saya yakin tidak akan rugi,” ungkapnya. (oet)

News Feed