oleh

Sektor Inilah Yang Mampu Bertahan Saat Merebaknya Pandemi Corona

INDRAMAYU – Sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu, mulai memasuki masa panen raya musim tanam rendeng 2020. Salah satunya dilakukan petani di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat, Minggu (12/4).

Menurut Wayim (46), petani desa setempat, mereka mulai memanen tanaman padi di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Meski mengaku sedikit dihantui rasa kekhawatiran, ia bersama petani yang lain tetap memberanikan diri untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

“Panen harus tetap jalan, karena ini lah sumber penghidupan kami sebagai petani. Termasuk sebagai langkah nyata petani, turut membantu pemerintah mewujudkan program swasembada pangan,” ujarnya.

Ditambahkannya, hasil panen musim tanam rendeng 2020 sangat memuaskan. Hasil panen musim kali ini bahkan diperkirakan meningkat, jika dibandingkan dengan hasil panen musim tanam rendeng 2019.

“Dilihat dari pertumbuhan tanaman, saya optimis hasilnya lebih bagus dari tahun kemarin. Kalau tahun kemarin kami bisa dapat 8 ton per hektar, tahun ini saya berharap bisa lebih dari itu,” imbuhnya.

Ia pun meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan sektor pertanian, sebagai salah satu roda penggerak perekonomian di Indonesia. Karena menurutnya, pertanian menjadi sektor yang masih mampu bertahan di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

“Saya sih ingin petani kecil lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, agar kesejahteraan kami juga bisa lebih meningkat. Jangan cuma pengusaha-pengusaha besar saja yang dapat perhatian lebih dari pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Juntikebon, Muhayan SPd menjelaskan, sejauh ini pemerintah telah memperhatikan sektor pertanian. Terbukti dari sejumlah program yang telah dijalankan pemerintah, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

“Pemerintah sudah berbuat untuk sektor pertanian, khususnya bagi petani-petani kecil. Mungkin dengan adanya pandemi Covid-19 ini, bisa membuka mata pemerintah untuk menelurkan kebijakan-kebijakan yang lebih propertanian,” jelasnya.

Mendukung aspirasi dari kalangan petani, ia pun mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan sektor pertanian. Sehingga sektor yang telah terbukti mampu bertahan di tengah merebaknya Covid-19 ini, akan tetap menjadi andalan pemerintah dalam upaya mewujudkan program swasembada pangan.

“Sebagai penyambung lidah rakyat, kami akan terus berupaya medorong pihak terkait, baik dinas, pemkab, pemprov maupun pemerintah pusat, untuk lebih banyak menelurkan kebijakan yang propertanian. Karena di saat sektor-sektor lain bertumbangan terdampak pandemi Corona, sektor pertanian terbukti mampu bertahan hingga saat ini,” pungkasnya. (Cup/Jml)

News Feed