oleh

Hari Ini Pendaftaran Kartu Prakerja Tahap Pertama, Begini Caranya

INDRAMAYU – Pendaftaran kartu prakerja tahap pertama, dibuka mulai hari ini, Minggu (12/4). Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu mengimbau kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri secara online.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, Dra Hj Sri Wulaningsih SE Ak kepada radarindramayu.id, Minggu (12/4). Menurutnya, sosialisasi terus dilakukan pihaknya, agar masyarakat di Kabupaten Indramayu mengetahui syarat serta tata pendaftaran kartu prakerja.

“Kartu prakerja diperuntukkan bagi pekerja yang diputuskan hubungan kerja (PHK) atau mereka yang dirumahkan, pencari kerja dan mereka yang masih menganggur. Dengan program ini, pemerintah akan memberikan bantuan biaya pelatihan kerja dan peningkatan kemampuan masyarakat di bidang profesi sesuai bidang keahlian masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkannya, syarat kartu prakerja adalah mereka yang tercatat sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan berusia diatas 18 tahun. Mereka pun bukan warga yang tercatat sedang mengikuti pendidikan formal.

“Jika telah memenuhi ketentuan diatas, mereka (pendaftar kartu prakerja, red) bisa mengakses website www.prakerja.go.id atau bisa juga melaluihttp://profile.kemnaker.go.id,” imbuhnya.

Pendaftar yang telah berhasil mengakses ke website, akan diarahkan untuk mendaftarkan akun pribadi. Akun ini berisi data pribadi maupun kelengkapan data lainnya, yang merupakan lampiran berkas persyaratan pendaftaran kartu prakerja.

“Kami pun berupaya untuk membantu mereka yang kesulitan untuk mendaftarkan diri. Kami telah menyediakan beberapa unit komputer di lokasi tertentu, untuk digunakan masyarakat umum,” tandasnya.

Meskipun telah menyediakan komputer di tempat-tempat tertentu, ia mengimbau masyarakat untuk mendaftarkan diri dari tempat masing-masing. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam penerapan physical distancing, di tengah pandemi Covid-19.

“Tetap kami imbau untuk mendaftarkan diri dari rumah masing-masing. Kalau masih kesulitan, bisa minta bantuan kepada rekan atau tetangga terdekat, atau bisa juga langsung menghubungi kami,” pungkasnya. (Jml/Cup)

News Feed