oleh

PLTU Gandeng Karang Taruna Sebar Chlorin di Zona Waspada

INDRAMAYU- Ikut melakukan pencegahan Covid-19, PLTU Indramayu menggandeng Karang Taruna Kabupaten Indramayu untuk menyalurkan bibit chlorin (bahan disinfektan) di wilayah Kabupaten Indramayu. Sebanyak 250 kg Natrium Hipoclorit (NaOCl) tersebut akan siap disebarkan ke beberapa titik yang masuk dalam zona waspada.

General Manager UBJOM Indramayu, Ubaedi Susanto melalui Spv Umum & CSR PLTU Indramayu, Oky Kusuma Nugraha mengatakan, pihaknya memberikan bantuan sebesar 250 kg NaOCl itu tak lebih sebagai upayanya untuk memperkecil penularan Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

Bantuan secara simbolis diterima Ketua Karangtaruna Kabupaten Indramayu yang juga Ketua DPRD Indramayu H Syaefudin SH, Rabu (8/4), didampingi sejumlah pengurus karang taruna. “Kita berharap dengan bantuan ini dapat memperkecil penularan Covid-19 di kabupaten Indramayu,” ucap Oky.

Adapun mengenai proses perubahan NaOCl menjadi disinfektan, jelasnya, hal tersebut cukup dilakukan dengan air dengan perbandingan 1:120 yakni 1 kg dilarutkan dengan 120 liter air dimana akan memperoleh sebanyak 30 ton disinfektan. “Untuk dijadikan disinfektan diperlukan perbandingan 1:120 liter air, maka jika dijumlahkan dapat diperoleh sebesar 30 ton disinfektan,” ucapnya.

Sedangkan, H Syaefuddin SH didampingi Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Indramayu, Tarmudi, sangat berterima kasih atas pemberian kepercayaan PLTU 1 Sumur Adem dalam penguatan pencegahan Covid-19. “Alhamdulillah, kita diberi kepercayaan ini dan tentunya berharap ini dapat berguna dimasyarakat. Mengingat berbagai bahan kimia untuk pembuatan disinfektan sudah mulai sulit dicari,” ujar pria berkumis tebal ini.

Adapun rencana dalam penggunaan disinfektan tersebut pihaknya akan lebih menitikkan kepada daerah yang memang sudah terpantau radar terdapat ODP dan PDP. “Penyebarannya ini akan dilakukan di wilayah indramayu, namun diutamakan di daerah yang terdapat ODP atau PDP,” ucap pria yang juga menjabat sebagai ketua Perbakin Indramayu ini.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya pihaknya tentu akan melibatkan beberapa pihak terkait yang sama seperti kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya bagi dengan pemerintah desa atau kecamatan. “Pelaksanaannya seperti biasa kita juga akan melibatkan pihak terkait seperti desa atau kecamatan sehingga lebih terarah,” pungkasnya. (oet)

News Feed