oleh

Pasien Terinfeksi Corona Jangan Dikucilkan

INDRAMAYU-Masyarakat yang tidak tertular wabah virus corona diminta untuk tidak mengucilkan orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP). Bahkan, yang sudah ditetapkan positif sekalipun.

Justru sebaliknya, warga agar bijak dengan memberikan dukungan maupun bantuan, minimal mendoakan kesembuhan bagi orang tersebut beserta keluarganya.

Pesan itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Bhisma Panji Dhewanthara SSi Apt kepada Radar Indramayu, di sela monitoring pemeriksaan kesehatan perantau yang baru pulang kampung di Desa Lempuyang Kecamatan Anjatan, kemarin.

Menurut Bhisma, seseorang khususnya yang dinyatakan kategori ODP itu bukan memiliki gejala positif virus corona tetapi orang tersebut hanya pernah berpergian ke negara lain dan luar daerah yang merupakan zona merah pandemi Covid-19.

Status tersebut diberikan agar warga yang baru pulang dari daerah pandemi corona bisa mengisolasi mandiri dan memudahkan petugas untuk memantau kondisi kesehatan mereka.

Status ODP itu, lanjutnya, hanya untuk mengantisipasi saja, supaya warga yang dari luar negeri dan luar daerah bisa isolasi diri selama 14 hari secara mandiri di rumah masing-masing.

“Jadi jangan antipati berlebihan yang justru menjadi penyebab seseorang sehat menjadi sakit. Tidak karena virus corona, melainkan stres akibat intimidasi. Kita harus menjaga psikologis orang yang terjangkit. Jika mereka sedang isolasi mandiri di rumah, jangan dikucilkan. Bantu mereka untuk memenuhi kebutuhan selama masa isolasi 14 hari,” terangnya.

Wakil rakyat dari dapil 6 ini memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mau memeriksakan diri serta kepada tim kesehatan dan pemerintah desa yang memfasilitasi kegiatan dengan tetap menjaga jarak dalam survei dan pendataan warga.

Menurutnya, warga perantau yang sukarela memeriksakan diri dan tim kesehatan semestinya diberi penghargaan oleh pemerintah daerah dengan memberikan suplemen untuk kecukupan nutrisinya. “Mereka butuh sekali suplemen selain makanan sehari-hari yang tepat, juga butuh suplemen untuk daya tahan tubuhnya. Skema anggaran untuk penanganan Covid-19 ini harus tepat, jangan habis buat alat dan acara yang tidak perlu,” tandasnya. (kho)

News Feed