oleh

Ojek, Tukang Becak, Sopir Terima Masker dan Sembako Gratis

INDRAMAYU – Penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin masif menjadi ancaman serius. Tidak hanya pada risiko penularan yang sangat mudah dan cepat ke orang lain, wabah Corona juga berdampak terhadap sendi kehidupan lainnya.

Upaya menanggulangi, sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus Corona, pemerintah mengambil langkah antisipasi. Yakni, mengambil kebijakan membatasi aktifitas masyarakat (social distancing) dan mengimbau agar tinggal di rumah (stay at home) untuk sementara waktu

Kebijakan tersebut memang cukup efektif untuk memutus matai rantai penyebaran Covid-19. Namun, sisi lain dari pembatasan sosial tersebut berdampak terhadap masyarakat golongan ekonomi bawah, bahkan menengah. Dampak dari pembatasan, mereka kini kehilangan pendapatan ekonominya, terutama bagi buruh harian.

Melihat kondisi tersebut, salah satu Lembaga sosial, Manajemen Kualitas Diri (MKD) Training, tergerak dan berinisiasi membantu masyarakat. MKD Training membantu memberikan sembako dan masker gratis kepada tukang becak, dan ojek motor, serta sopir angkot, serta warga lainnya di Kecamatan Patrol.

Pembagian ratusan masker dan sembako gratis yang digelar di area Sub Terminal Patrol, Jumat (3/4) itu mendapatkan respons positif dari masyarakarat. Disaksikan, Kepala Sub Terminal, Mardianto, Kepala Kepala Desa (Kuwu) Patrol, Karnali, SE dan Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta tokoh masyarakat.

Direktur MKD Training, Jay Krhesna Adipandawa, ditemui di sela-sela pembagian mengatakan, pemberian bantuan berupa masker dan sembako, merupakan bentuk kepedulian membantu warga masyarakat bawah. Dengan bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban mereka.

“Disamping itu, saya mendengar keluhan mereka, yang katanya adanya wabah virus Corona ini kesulitan mencari penghasilan. Karena sepinya penumpang, penghasilan yang mereka dapat minim. Bahkan, pulang ke rumah tidak membawa hasil usahanya itu. Jadi jangankan membeli masker, untuk beli kebutuhan pokok saja kesulitan. Apalagi harga masker saat ini mahal,” papar pria asal Desa Patrol tersebut.

Sementara Kepala Desa Patrol, Karnali, menyatakan, pihaknya menyambut baik adanya bantuan tersebut. Meski pemerintah kini tengah mempersiapkan akan memberikan bantuan kebutuhan dasar untuk masyarakat, namun adanya bantuan dari pihak lain sangat diharapkan.

“Kami menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada MKD Trainning. Karena sebagian dari para ojek motor, tukang becak maupun sopir angkot, adalah warga kami. Adanya bantuan sembako tersebut, membantu mereka dan keluarganya. Sementara masker membantu mencegah penularan virus Corona,” kata Karnali. (kom)

News Feed