oleh

Warga Gotong Royong Atasi Covid-19

INDRAMAYU-Merebaknya wabah corona virus disease 19 (Covid-19) menjadi perhatian semua lapisan masyarakat. Mereka gotong royong untuk memutus rantai penyebaran di tengah masyarakat.

Hal itu dilakukan warga Perumahan Jatibarang Baru RT 36 RW 08. Mereka ikut menyukseskan program pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 dengan menyemprot cairan disinfektan di perumahan.

Ketua RT 36 Perum Jatibarang Baru, H Teguh Wiguna mengatakan mengatakan, wabah corona tidak bisa diatasi pemerintah secara sendiri tanpa peran serta dari masyarakat. Sehingga, masyarakat menjadi garda depan dalam menyukseskan program pemerintah tersebut. “Kegiatannya berupa penyemprotan disinfektan dengan melibatkan semua masyarakat. Ada sekitar 50 rumah yang ada di RT 36 yang disterilkan. Sumber dana patungan warga, rencananya akan dilakukan secara rutin seminggu sekali minimalnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menyosialisasikan perilaku hidup sehat di lingkungan melalui edukasi cuci tangan dengan sabun, penggunaan masker, dan hand sanitizer ketika berada di luar rumah.

“Yang kami tekankan pada kesadaran warga, untuk mematuhi imbauan dari pemerintah, karena kuncinya pandemik corona bisa teratasi jika masyarakat patuh dan ikuti semua instruksi dari pemerintah,” katanya.

Tokoh masyarakat Jatibarang Baru, Maryono mengatakan, sebagai warga negara yang baik, pihaknya akan terus berupaya membantu program pemerintah dalam melawan pandemik corona agar cepat berlalu. Apalagi, dampak corona mengganggu semua sektor mulai pendidikan dan perekonomian masyarakat. “Warga sepakat penyemprotan dilakukan rutin seminggi sekali selama pandemik corona berakhir. Warga bisa beraktivitas lagi, bisa menyambut bulan Ramadhan, dan hari raya Idulfitri,” ujarnya. (oni)

News Feed