oleh

Keliling Desa, Warga Kalensari Tolak Bala

INDRAMAYU- Puluhan warga Desa Kalensari, Kecamatan Widasari menggelar upacara tolak bala dengan memanjatkan doa berkeliling desa agar masyarakat desa terhindar dari virus corono, Rabu (1/4) malam.

Sebelum melaksanakan upacara inti berkeliling desa, para tokoh masyarakat dan agama terlebih dulu mengumandangkan azan di dalam masjid desa yang dibawakan sekaligus oleh 7 orang. Setelah itu, kemudian puluhan warga yang terdiri dari DKM, remaja masjid, tokoh masyarakat, tokoh ulama, karang taruna, dan perangkat desa berkeliling desa sambil memanjatkan doa sebagai langkah menolak bala agar masyarakat desa terhidar dari berbagai macam bencana dan wabah virus corona.

Tokoh Agama Kalensari, Ustad Bukhori mengatakan, acara tolak bala yang sengaja digelar semua komponen masyarakat adalah langkah ikhtiar dari masyarakat Kalensari untuk menjaga desa, agar masyarakatnya terhindar dari berbagai bencana dan wabah virus corona yang saat ini menjadi kewaspadaan penduduk desa. “Azan dibawakan tujuh orang sekaligus itu ada sejarahnya agar harapan dan doa agar masyarakat terbebas dari segala macam bahaya dan musibah,” ujarnya.

Warga lainnya, Nur Hidayatullah mengatakan, dengan terselenggarakan doa tolak bala, menjadi harapan bagi masyarakat agar segala bencana alam, maupun virus tidak masuk ke desa, dan membuat merasa lebih tenang saat menjalankan kegiatan kesehariannya tanpa terus dibayang-bayangi virus corona.

“Pemdes bersama tokoh pemuda sudah menjalankan usahanya untuk mencegah penyebaran corona. Sekarang berdoa meminta perlindungan Allah agar virus ini bisa segera hilang, negara bisa kembali aman,” ujarnya. (oni)

News Feed