oleh

Perantau Dua Desa Cek Kesehatan

INDRAMAYU-Warga Desa Lamarantarung dan Panyingkiran Lor Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu, yang baru pulang dari tanah rantau, mendatangi kantor desa masing-masing untuk memeriksakan kesehatannya, Selasa (31/3). Warga yang datang secara sukarela itu, ingin mengecek dan memastikan apakah memiliki gejala terpapar virus corona atau tidak.

Pantauan di lapangan, para perantau itu iperiksa kondisi panas tubuhnya. Untuk layanan kesehatan di kantor desa ditangani oleh petugas medis Puskesmas Cantigi dan tim corona virus disease (Covid-19). Pemerintah Kecamatan Cantigi, Polsek dan Koramil juga intensif terjun langsung ke desa-desa membantu pemdes.

Camat Cantigi Rusyad Nurdin, ST mengatakan, pemeriksaan kondisi kesehatan terhadap warga masyarakat Kecamatan Cantigi yang baru datang atau pulang kampung dari daerah lain, merupakan target utama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Karena penularan dan penyebarannya cenderung dari atau terjadi kontak dengan orang lain yang terpapar atau terinfeksi virus corona. Kami mewaspadai hal ini, terutama terhadap orang atau warga perantau yang pulang kampung,” ujar mantan Sekcam Patrol itu.

Apalagi dari warga masyarakat tersebut merantau atau sehabis bepergian ke daerah zona merah Covid-19. Oleh karena itu, lanjut Rusyad, Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Cantigi, meminta pemdes umtuk memantau dan mendata warganya yang merantau kemudian pulang kampung. Pemdes juga diminta mengimbau perantau agar memeriksakan kondisi kesehatannya.

Rusyad bersyukur, warganya memiliki kesadaran tinggi datang sendiri untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. “Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada mereka. Kami berharap kepada warga masyarakat lainnya di Kecamatan Cantigi, terutama yang dari perantauan untuk mengikutinya. Kami berharap Kecamatan Cantigi terbebas dari penyebaran virus corona. Untuk menangkalnya dilakukan dari diri kita sendiri dengan menjaga kebersihan dan untuk sementara tinggal di rumah,” pinta Rusyad. (kom)

News Feed