oleh

Lockdown Keinginan Masyarakat dan Karangtaruna

INDRAMAYU – Pemerintah Desa (Pemdes) Kalensari Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu, akan memberlakukan karantina wilayah (lockdown) secara mandiri. Pemberlakuan dilaksanakan selama 2 pekan ke depan, atau mulai Senin (30/3) sampai dengan Minggu (12/4).

Hal ini disampaikan Kuwu Kalensari, H Masroni, kepada radarindramayu.id, Minggu (29/3). Menurutnya, ide karantina wilayah merupakan aspirasi masyarakat. Termasuk inisiatif dari anggota karang taruna yang menginginkan upaya pencegahan terhadap persebaran Covid-19.

“Justru idenya ini dari mereka. Kami pihak desa hanya berupaya memfasilitasi harapan dan keinginan dari masyarakat,” katanya.

Sejalan dengan aspirasi dari masyarakat, ia mengaku memiliki kewajiban untuk menjamin kesehatan seluruh warganya. Salah satunya untuk mencegah resiko persebaran Covid-19 di Desa Kalensari, yang tergolong pada tahap mengkhawatirkan.

“Ini merupakan tanggung jawab saya sebagai Kuwu. Karena arus keluar masuk warga kami yang bekerja di luar daerah, khususnya Kota Jakarta dan wilayah sekitarnya sangat tinggi,” tegasnya.

Ia bahkan merujuk surat Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2020, tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai.

Surat edaran ini berisi tentang petunjuk tata cara pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat desa, yang menjadi dasar bagi desa untuk melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2020. Caranya dengan menggeser alokasi pembelanjaan bidang dan sub bidang lain, menjadi bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa.

“Tentu kami tidak sekonyong-konyong memutuskan hal ini secara sepihak. Kami pun harus berkoordinasi dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa, red) agar tidak menyalahi aturan,” tandasnya.

Pada bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak desa ini, Pemdes berencana menjalankan sejumlah kegiatan. Selain pembentukan satuan tugas (Satgas) pencegahan Covid-19, juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk menanggulangi Covid-19.

“Dan untuk saat ini, program kegiatan yang dibutuhkan masyarakat Desa Kalensari adalah karantina wilayah secara mandiri. Dan kami siap melakukannya, sesuai dari harapan dan keinginan mereka,” pungkasnya. (jml/cup)

News Feed