oleh

Forkompincam Anjatan Semprot Fasum dengan Disinfektan

INDRAMAYU-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Anjatan menginisiasi aksi gotong royong penyemprotan cairan disinfektan secara masal di kawasan yang menjadi pusat pertemuan masyarakat.

Aksi semprot masal disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) itu digelar serentak di 13 desa se-Kecamatan Anjatan, Rabu (25/3).

Mayoritas dilaksanakan pagi sampai menjelang sore. Tak hanya jajaran Polri, TNI, Satpol PP serta perangkat desa. Sejumlah elemen masyarakat seperti Karang Taruna, BPD, LPM, tokoh ulama, ibu-ibu TP PKK dan warga ikut terlibat melakukan penyemprotan beberapa lokasi fasilitas umum (Fasum). Seperti masjid, musala, sekolah, TK, PAUD, posyandu, kantor desa sampai pos ronda. Ada pula beberapa warga yang menyemprot mandiri rumah masing-masing.

“Hampir semua lokasi publik dan fasilitas umum disemprot disinfektan. Hal itu karena lokasi berkumpulnya masyarakat sangat rentan terjadi penyebaran virus corona,” ujar Camat Anjatan, Opik Hidayat SSos.

Bersamaan dengan itu, masyarakat juga diharapkan dapat melakukan penyemprotan di lingkungan tempat tinggal masing-masing menggunakan bahan-bahan yang sudah direkomendasikan. Warga dapat belajar langsung dari aparat desa setempat yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan pembuatan larutan disinfektan yang digagas oleh UPTD Puskesmas Anjatan.

Tidak hanya melakukan penyemprotan, kegiatan disinfektan masal itu juga diikuti dengan edukasi keliling Forkompimcam bersama elemen lainnya agar masyarakat waspada terhadap persebaran serta langkah-langkah penanganan virus covid-19.

Camat Opik mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Selalu menaati imbauan dan arahan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang belum ditemukan obatnya itu.

“Selalu waspada jangan lengah dengan jaga diri sendiri melalui pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, patuhi imbauan pemerintah akan social distancing dan menjauhi keramaian untuk memutus rantai penyebaran virus,” tegasnya. (kho)

News Feed