oleh

BLK Siapkan Tenaga Kompeten

INDRAMAYU-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu terus menyiapkan diri menyambut kawasan Segitiga Rebana, yakni Cirebon-Patimban-Kertajati. Salah satunya membekali angkatan kerja di Kabupaten Indramayu, dengan pelatihan berbasis kompetensi (PBK).

Kepala UPTD BLK Kabupaten Indramayu, Asep Kurniawan MPd menjelaskan, saat ini BLK memiliki peranan strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan maju. Salah satunya mencetak tenaga ahli yang kompeten di bidang tenaga kerja.

“Masyarakat Indramayu harus turut ambil bagian dalam pembangunan industri manufaktur, khususnya pengembangan kawasan industri Segitiga Rebana. Kami tidak ingin masyarakat Indramayu yang notabene menjadi wilayah penyangga di kawasan ini, hanya menjadi penonton,” ungkapnya kepada Radar Indramayu, Rabu (25/3).

Hal ini, lanjut Asep, sejalan dengan keinginan pemerintah Kabupaten Indramayu, dengan memberikan peluang wilayahnya untuk menjadi kawasan industri. Saat ini, pemerintah telah menyediakan 20 ribu hektare lahan untuk dijadikan kawasan industri.

“Ini wujud komitmen pemerintah, menjadikan Indramayu menjadi daerah industri. Ini yang menjadi cambuk BLK, mencetak tenaga ahli yang dibutuhkan untuk mengisi porsi-porsi tersebut,”imbuhnya.

Ia pun berharap, seluruh stakeholder terkait, baik pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah kabupaten untuk turut serta mendukung rencana besar kawasan industri Segitiga Rebana. Sehingga harapan menjadi wilayah penyangga kawasan industri akan bisa diwujudkan, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Indramayu.

”Ini peluang besar bagi generasi muda di Kabupaten Indramayu untuk turut ambil bagian dalam mengisi pembangunan. Dan tugas kami adalah menyiapkan mereka agar menjadi tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya masing-masing,” pungkasnya. (dun)

News Feed