oleh

Pantai Tiris Tercemar Minyak Mentah, Pertamina Harus Tanggungjawab…

-Headline, Indramayu-1.110 views

INDRAMAYU – Ceceran minyak mentah ditemukan nelayan di Pantai Tiris Desa Pabean Ilir Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Warga menduga, ceceran minyak mentah berasal dari aktifitas kegiatan operasional Pertamina di laut lepas.

Salah seorang pengurus Koalisi Masyarakat Pesisir Indramayu (Kompi), Carikam menjelaskan, ceceran minyak mentah pertama kali ditemukan nelayan pada Minggu (22/3). Ceceran bahkan ditemui di sepanjang 3 kilometer.

“Sejumlah nelayan melaporkan kepada kami tentang temuan ceceran crude oil. Setelah diperiksa, cecerannya ditemui sepanjang 3 kilometer di Pantai Tiris,” terangnya.

Hingga kini, ia mengaku belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas kejadian ini. Nelayan sekitar bahkan terpaksa mengambil inisiatif, untuk membersihkan ceceran secara swadaya.

“Karena belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab, kami terpaksa membersihkan ceceran ini dengan peralatan seadanya. Setidaknya kami telah mengurangi resiko kerusakan lingkungan, yang tentu akan berimbas bagi kami sebagai nelayan,” imbuhnya.

Agar kerusakan ekosistem tidak meluas, Carikam meminta pihak terkait segera melakukan pembersihan di sepanjang pantai yang tercemar ceceran minyak mentah. Ia pun meminta aparat penegak hukum untuk menuntaskan kasusnya, agar kejadian tidak berulang.

“Harus ada pihak yang bertanggung jawab. Karena tidak mungkin ceceran minyak mentah ini keluar sendirinya, bahkan mencemari pantai Tiris hingga sepanjang 3 kilometer,” pungkasnya. (jml/mgg/cup)

News Feed