oleh

Bahaya! Jalan Raya Balongan Retak dan Berlubang

INDRAMAYU – Ruas jalan raya Indramayu – Cirebon, tepatnya di Kecamatan Balongan mengalami kerusakan. Kerusakan jalan mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan lalu lintas, hingga tak sedikit merenggut korban jiwa.

Salah seorang Warga Desa Sukaurip Kecamatan Balongan, Hadi (28) menyebutkan, kerusakan jalan terjadi di sepanjang 3 kilometer, antara Desa Sukaurip hingga Desa Majakerta Kecamatan Balongan. Selain berlubang, aspal jalan di sejumlah titik pun tampak retak.

“Diameternya lubang sampai 2 meter, dengan kedalaman hingga 30 sentimeter. Di sekitar Kilang RU (Revinery Unit,  red) VI Balongan bahkan banyak yang retak,” tuturnya kepada radarindramayu.id, Senin (23/3).

Selain curah hujan yang tinggi dalam beberapa waktu terakhir, kerusakan diperparah kendaraan dengan bobot berlebih yang melintas. Terutama truk maupun tanki-tanki pengangkut bahan bakar minyak (BBM).

“Memang sering terjadi kecelakaan hingga merenggut korban jiwa, karena jalan memang terlihat mulus. Pengendara tidak sadar banyak lubang dan jalan yang retak, terlebih pada malam hari yang minim penerangan,” terangnya.

Hal senada diungkapkan salah seorang pengguna jalan, Nursan (43). Ia mengaku harus ekstra hati-hati saat melintasi jalur ini. Jika tidak waspada, musibah bisa menimpa dirinya karena kondisi jalan yang rusak.

“Harus tetap fokus dan fokus. Karena meleng dikit aja bisa-bisa celaka,” tandasnya.

Ia berharap, pihak terkait segera merespon keluhan warga dan pengguna jalan dengan memperbaiki jalan yang rusak. Selain akan memberikan kenyamanan bagi mobilitas warga, perbaikan jalan diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Semoga jalannya bisa segera diperbaiki. Juga ditambah lampu penerangan jalan, agar tidak gelap gulita kalau jalan malam hari,” pungkasnya. (Jml/mgg)

News Feed