oleh

Gudang Kembang Api Meledak, Lima Rumah Warga Rusak

INDRAMAYU- Warga Desa Lobener Lor dibuat Gempar. Pasalnya, gudang penyimpanan kembang api milik GN (50) di Blok Kebon Kopi Desa Lobener Lor Kecamatan Jatibarang meledak, Sabtu (21/3), sekitar pukul 20.50 WIB.

Saking kerasnya ledakan, membuat gudang kembang api luluh lantak. Bahkan, lima rumah warga yang tidak jauh dari sumber ledakan ikut hancur.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun wartawan koran ini dari saksi mata, Mawi (55) mengatakan, dirinya sempat melihat api menyala di gudang yang tidak jauh dari rumahnya itu. ”Sempat melihat api menyala, setelah itu diusul bunyi ledakan yang sangat keras. Saya dan warga langsung mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman api,” ujarnya.

Sementara itu, Kuwu Lobener Lor Mahpudin mengatakan, gudang atau gubuk tempat penyimpanan kembang api yang meledak merupakan milik salah satu warganya. Dijelaskan Mahpudin, selain menghancurkan gudang, akibat ledakan itu juga merusak lima rumah warga. “Tiga rumah rusak berat kaca, jendala pecah dan genteng rusak. Sedangkan dua rumah lainnya hanya genteng saja. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ledakan gudang kembang api itu,” katanya sambil mengatakan belum mengetahui keberadaan pemilik gudang kembang api itu.

Sementara itu, Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto mengatakan, kembang api yang meledakan gudang penyimpanan yang berada di pemukiman warga, bukan merupakan kembang api setengah jadi, dan bukan juga kembang api siap edar.  “Saat ini, kami sedang mengejar pemilik gubug karena saat didatangai ke rumahnya tidak ada,” katanya saat meninjau TKP.

Dalam olah TKP, kemarin, petugas kepolisian berhasil mengamankan beberapa barang bukti diantara alat penggiling pembuat kembang api, alat pelebur warna untuk kembang api, dan selongsong kosong untuk kembang api jenis gasing. Hingga Minggu (22/3) siang, TKP masih dijaga Detasemen C Brimbo Polda Jabar, dan tim Inafis Polres Indramayu masih melakukan penggeledahan rumah saudara pemilik gudang yang rumahnya tepat berada depan gudang yang meledak. Dalam penggeledahan tersebut petugas kepolisian berhasil mengaamankan kembali barang bukti berupa sulfur, potasium, brom, dan black powder yang disimpan di dalam karung. (oni)

News Feed