oleh

Sinergi TNI-Polri di Juntinyuat Indramayu Cegah Persebaran Covid-19

INDRAMAYU – Sejumlah langkah dan upaya dilakukan untuk mencegah persebaran Covid-19. Salah satunya dilakukan oleh personel gabungan Koramil 1609 Juntinyuat dan Polsek Juntinyuat, Sabtu (21/3).

Dengan menggunakan sebuah mobil Ranger milik Polsek Juntinyuat, personel gabungan yang terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) ini berkeliling hingga ke pelosok kampung di Kecamatan Juntinyuat. Mereka mengimbau seluruh warga, untuk selalu waspada terhadap persebaran Covid-19.

Danramil 1609 Juntinyuat, Kapten Inf H Nariman didampingi Kapolsek Juntinyuat, AKP Budiyanto SH menjelaskan, woro-woro keliling (worling) merupakan langkah preventif dalam upaya mengantisipasi persebaran Covid-19. Salah satunya mengingatkan masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

“Selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer. Jaga asupan gizi agar seimbang dengan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna agar kondisi tubuh selalu bugar,” terangnya kepada radarindramayu.id.

Ditambahkannya, masyarakat juga diimbau untuk menghindari atau untuk tidak membuat kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Hal ini dianggap hanya akan meningkatkan resiko persebaran Covid-19.

“Untuk sementara hindari dari kerumunan orang banyak. Dan kalau tidak begitu penting, masyarakat diimbau untuk tidak keluar dan tetap berdiam diri di rumah masing-masing,” imbuhnya.

Untuk menghindari kontak fisik langsung, warga bahkan diminta tidak menerima tamu yang berasal dari luar wilayah. Untuk sementara, jalinan komunikasi dan silaturahmi bisa dialihkan melalui kecanggihan smartphone.

“Tanpa bermaksud membatasi tali silaturahmi, kami imbau untuk sementara warga tidak menerima tamu, khususnya tamu dari luar wilayah. Dan agar tetap bugar, warga harus rutin berolahraga atau berjemur saat pagi hari,” tandasnya.

Rencananya, kegiatan worling akan terus dilakukan personel gabungan, hingga kondisi kembali normal. Selain untuk mengingatkan masyarakat, kegiatan ini menjadi momentum menggugah kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam keseharian.

“Saat ini bangsa Indonesia tengah diuji. Dengan kebersamaan dari seluruh komponen bangsa, seperti sinergitas TNI-Polri saat ini, akan menghasilkan kekuatan lebih untuk melawan persebaran Covid-19,” pungkasnya. (jml/mgg/cup)

News Feed