oleh

KPU Segera Lantik PPS Pilkada

INDRAMAYU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu memutuskan untuk tetap melaksanakan kegiatan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2020 sesuai jadwal. Acara pelantikan sebanyak 951 calon anggota PPS dilangsungkan pada Minggu (22/3) besok.

Hanya saja, pelantikan tidak digelar di tingkat kabupaten. Namun akan dilaksanakan di setiap kecamatan.

Selain itu, selaras dengan Keputusan KPU Nomor 4 Tahun 2020, tentang arahan menyikapi merebaknya Covid-19 atau corona, KPU memberlakukan sesuai SOP protokol. Dengan begitu, upaya pencegahan penyebaran virus Corona yang diharapkan pemerintah bisa berjalan baik.

Di mana, dalam satu acara jumlah peserta maksimal 50 orang. Jarak tempat duduk minimal 1 meter. KPU juga akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, menyediakan fasilitas sanitizer, masker dan pengukur suhu tubuh dan mempercepat pertemuan maksimal 30 menit.

“Acaranya pelantikan saja, tidak ada bimbingan teknis,” kata ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni.

Untuk teknis pelaksanaannya, masing-masing komisioner KPU akan dipecah. Mereka ditugaskan ke tiap kecamatan untuk melantik PPS. “Kami bagi tugas untuk melakukan pelantikan. Ada tim 1 sampai tim 5. Itu yang dilakukan untuk menyiasati kumpulan orang terlalu banyak guna mencegah penyebaran virus Corona,” terang Toni.

Menurutnya pembatasan kegiatan yang mengundang banyak orang, bukan berarti KPU daerah harus menunda semua tahapan penyelenggaraan pilkada. (kho)

 

News Feed