oleh

Cegah Corona dengan Germas

INDRAMAYU– Ditetapkannya virus Corona (Covid-19) sebagai pendemi oleh pemerintah, dan penyebarannya semakin meluas di berbagai daerah, sehingga menjadi kewaspadaan bagi Pemkab Indramayu dan berbagai komponen masyarakat untuk mencegah penyebaran agar tidak meluas. Salah satunya seperti yang dicanangkan Desa Berdaya Tegalurung yang bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Balongan untuk mencegah virus Corona dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Jumat (20/3).

Bertempat di posko Rumah Zakat, Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Sebanyak 30 orang penerima manfaat (PM) Rumah Zakat, mereka diberikan wawasan tentang apa itu virus Corona, ciri-ciri seseorang yang terjangkit virus, serta bagaimana cara agar terhindar dari penularan virus tersebut.

Serta mempraktikan cara cuci tangan pakai sabun, karena selama ini masih banya masyarakat yang cara cuci tangannya hanya memakai air saja tidak menggunakan sabun.

Relawan Inspirasi Desa Tegalurung, Lastri menyebutkan pihaknya menggandeng UPTD Puskesmas Balongan memberikan edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari virus Corona.

“Memberikan edukasi tentang Covid-19 dan pencegahannya. Melakukan aksi pencegahan Corona dengan pembersihan sarana umum di desa, penyemprotan desinfektan, penyebaran alat kebersihan di Desa Berdaya, dan upaya pencegahan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, tenaga promosi kesehatan (Promkes) Puskesmas Balongan Aufrida Ninik Prasetyawati SST SKM mengatakan, selain edukasi tentang virus Corona, juga memberikan pemaahaman bagaimana pola hidup yang bersih dan sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). “Karena masih banyak warga yang belum tahu tentang virus Corona, serta belum paham bagaimana cara pencegahannya,” tandasnya. (oni)

 

News Feed