oleh

KBO Sabhara Latih Bikin Hand Sanitizer

INDRAMAYU-Merebaknya virus corona membuat produk hand sanitizer diserbu warga.

Melihat semakin susahnya mendapatkan produk hand sanitizer di pasaran, KBO Satuan Sabhara Polres Indramayu menggelar terobosan dengan membuat hand sanitizer kepada jajaran anggota Polres Indramayu, Rabu (18/3).

KBO Satuan Sabhara Polres Indramayu, Ipda Agus Setiawan mengatakan, pelatihan pembuatan hand sanitizer bagi anggota Polres Indramayu sangat penting di tengah merebaknya virus corona (Covid-19) dan semakin sulitnya masyarakat mendapatkan pembersih tangan (hand sanitizer) di pasaran yang saat ini sedang dicari semua kalangan masyarakat sebagai perlindungan mencegah penularan virus corona.

“Kita menganggap membuat hand sanitizer saat ini sangatlah penting terutama bagi anggota kepolisian Polres Indramayu. Saat ini hand sanitizer menjadi kebutuhan sebagai upaya pelindungan diri dari virus corona untuk menjaga tangan tetap steril dan bersih,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Agus, untuk membuat sendiri pembersih tangan (hand sanitizer) sangatlah mudah dan bisa dilakukan siapapun. Untuk membuat hand sanitizer hanya membutuhkan Alkohol 70% sebanyak 100 ml, gliserin 20 ml, gel aloevera untuk pelembab, aquades 50 ml, dan bibit parfum sebagai pewangi dari bau alkohol yang menyengat.  “Simpel banget. Bahan-bahan utama dicampurkan semua, kemudian bahan yang sudah tercampur semua dikocok sampai merata, setelah itu masukkan kedalam botol sprai, siap digunakan dan dibawa kemana saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto melalui Kasat Sabhara  Iptu Suprapto mengatakan, dengan diadakannya pelatihan pembuatan pembersih tangan bagi anggota kepolisian Polres Indramayu, anggota tidak khawatir kesusahan mendapatkan hand sanitizer di pasaran karena dapat membuat sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat di apotek.

“Anggota Polres Indramayu dan masyarakat tidak panik dengan wabah corona, selalu menjaga kebersihan, dan bisa membuat sendiri produk hand sanitizer. Kamipun mengimbau kepada seluruh anggota untuk mengutamakan keamanan selama menjalankan tugas,” katanya. (oni)

News Feed