oleh

RSUD Pantura Gelar Donor Darah, Khitanan Massal dan Operasi Bibir Sumbing Gratis

RSUD Pantura MA Sentot Patrol melaksanakan operasi gratis bagi warga dengan gangguan bibir sumbing, Selasa (17/3). Kegiatan bakti sosial yang menjadi rangkaian Milad ke-12 RS milik Pemkab Indramayu itu, menyasar masyarakat tidak mampu.

KHOLIL, IBRAHIM

SELAIN operasi bibir sumbing gratis, sehari sebelumnya dilaksanakan kegiatan donor darah sukarela dari para pegawai RS Pantura untuk kepentingan kemanusiaan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu.

Sedangkan bersamaan dengan puncak acara milad yang dilangsungkan Sabtu (14/3) lalu, digelar khitanan masal serta aksi tanam pohon mewujudkan green hospital.

“Jadi selain acara seremoni tasyakur binikmah, kami juga mengadakan berbagai kegiatan baksos. Diantaranya khitanan massal dan operasi bibir sumbing gratis. Ini cara dan upaya RS Pantura berbagi kebahagiaan bersama keluarga miskin agar dapat hidup nyaman dan tersenyum bahagia,” terang Direktur UPT RSUD Pantura MA Sentot Patrol, dr Kurniawan.

Kurniawan menegaskan, rangkaian kegiatan Milad sengaja dilangsungkan secara bertahap diwaktu yang berbeda. Supaya pelayanan di RS tidak terganggu, disamping melihat kondisi kesiapan pasien peserta baksos.

Seperti untuk kegiatan operasi bibir sumbing ini. Calon pasien terlebih dahulu mendapatkan skrining atau pemeriksaan kesehatan dari tim medis sebelum tindakan bisa diberikan. Peserta harus dalam keadaan sehat untuk kelancaran proses tindakan.

Selain butuh kesiapan, operasi pada kelainan bibir ini tergolong sangat mahal. Jadi tak mengherankan, kebanyakan masyarakat kurang mampu tidak sanggup untuk membiayainya. Belum lagi biaya-biaya lainnnya pasca tindakan operasi.

Karena itu, pada acara milad ini RS peserta operasi bibir sumbing digratiskan sepenuhnya sampai pengobatan maupun rawat inap. “Operasinya, pengobatan sampai perawatan tidak dipungut biaya. Gratis,” tegas dia.

Dia berharap, melalui kegiatan baksos tersebut dapat mempererat hubungan antara rumah sakit dengan masyarakat serta keberadaan rumah sakit pun dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.

“Kita ingin keberadaan RS Pantura MA Sentot ini dapat ikut serta berpartisipasi memberikan pengabdian dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kami akui, masih banyak kekurangan yang kami miliki dan butuh perbaikan. Mohon dukungan agar kedepannya, pelayanan RS Pantura semakin optimal,” tandasnya. (*/adv)

News Feed