oleh

Cegah Corona, Muspika Sukagumiwang Periksa TKI yang Baru Pulang

INDRAMAYU– Semakin merebaknya penyebaran virus Corona (Covid-19), menjadi perhatian serius. Seperti yang dilakukan Muspika Sukagumiwang yang gencar memantau dan memeriksa satu persatu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari negara tempat mereka bekerja.

Tim Muspika Sukagumiwang bersama tim kesehatan dari Puskesmas Sukagumiwang, melakukan pemeriksaan terhadap empat orang TKI asal Desa Gunungsari yang baru pulang untuk dicek kesehatan, mengukur suhu tubuhnya dengan cara mendatanginya secara door to door. Langkah itu diambil sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Camat Sukagumiwang, Budi Setiawan S Sos MSi menyebutkan, cek kesehatan yang dikhususkan bagi buruh migran atau TKI yang baru pulang adalah langkah proaktif Muspika Sukagumiwang. PIhaknya selalu waspada terhadap potensi dan mencegah penyebaran virus Corona yang bisa menyarang siapapun termasuk para buruh migran.

“Instruksi dari pemerintah daerah agar setiap kerawanan atau potensi yang dapat membawa virus Corona bisa terdeteksi secara dini. Hari ini (kemarin, red) kita periksa empat orang TKI di Desa Gunungsari. Tiga orang Blok Bojong Loa, dan satu orang di Blok Pule. Hasil pemeriksaan dan pengecekan suhu tubuh oleh petugas medis normal. Alhamdulillah negatif Corona,” terangnya.

Dikatakan Budi, pihaknya mengimbau kepada semua pemerintah desa untul selalu memantau warganya terutama buruh migran yang baru pulang, kemudian melaporkan ke Muspika Sukagumiwang.

 

“Yang baru melaporkan adanya TKI yang baru pulang Pemdes Gunungsari, maka kita langsung ambil langkah mendatangi satu persatu rumahnya. Kita cek kesehatannya. Kita berikan imbauan kepada pemdes untuk melaporkan warga yang baru pulang luar negeri. Atau memeriksakan diri ke Puskesmas Sukagumiwang. Karena ini jadi tanggung jawab bersama memutus rantai penyebaran Corona,” tuturnya.

Sementara itu, Kuwu Gunungsari, Yossy mengatakan dengan adanya cek kesehatan bagi warganya yang baru pulang dari luar negeri, dapat mencegah penyebaran virus Corona sejak dini. Hal itu merupakan bentuk peran serta pihaknya sebagai pemerintah desa ikut serta menghentikan penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas.

“Pemdes akan terus bersinergi dengan muspika dan puskesmas, akan mendata serta melaporkan masyarakat yang pulang dari luar negeri. Kita juga akan berikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mencegah penularan Corona, terutama menerapkan pola hidup sehat,” jelasnya. (oni)

 

News Feed