oleh

Heboh Corona, Puskemas Babadan Imbau Warga Tidak Panik

INDRAMAYU – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Babadan Kabupaten Indramayu mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menanggapi persebaran Covid-19. Sejumlah langkah telah dilakukan, untuk menekan persebaran virus yang mematikan itu.

Kepala UPTD Puskesmas Babadan, Karnoto menjelaskan, langkah yang dilakukan untuk mencegah persebaran Covid-19 yakni dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat. Di antaranya adalah sosialisasi di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serta di sekolah-sekolah.

“Sosialisasi tentang Covid-19 sudah kami lakukan sejak Januari lalu. Kami berikan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan berbagi pengetahuan tentang virus corona serta praktek cuci tangan dengan sabun,” terangnya kepada radarindramayu.id, Selasa (17/3).

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang. Menurutnya, petugas kesehatan akan selalu siap siaga melayani masyarakat yang diindikasi terpapar virus corona.

“Jika mendapati pasien dengan gejala batuk, flu, dan sesak nafas, maka akan langsung dikarantina serta didiagnosa riwayat kontak hubungan pasien dengan orang lain. Jika diperlukan, kami akan berkoordinasi dengan Dinkes untuk merujuknya ke RSUD Indramayu,” tandasnya.

Upaya pencegahan persebaran Covid-19 yang dilakukan di lingkungan UPTD Puskesmas Babadan, hingga kini baru sebatas peningkatan kebersihan area puskesmas. Sementara karena keterbatasan peralatan, scanning untuk mendeteksi suhu tubuh masih belum bisa dilakukan. (jml/mgg/cup)

News Feed