oleh

Tekankan Integritas, PKD Disumpah

INDRAMAYU-Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa (PKD) harus mampu bekerja profesional, berintegritas serta totalitas. Mereka juga wajib menjaga netralitas dalam tugas pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun 2020.

Penegasan itu disampaikan ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Anjatan, Ivan Sagito saat pengambilan sumpah dan janji 13 PKD se-Kecamatan Anjatan, Sabtu (14/3).

Acara pengambilan sumpah dan janji bertempat di Star Jaya Futsal Kopyah itu turut dihadiri Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Indramayu, Tarjono, SH yang sekaligus memberikan pembekalan kepada PKD terlantik.

“Integritas, netralitas serta berpegang teguh pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku sangat penting dimiliki serta dijaga oleh setiap PKD. Itulah kenapa mereka disumpah agar mampu mengemban amanah dan tugas pengawasan tahapan Pilkada Indramayu yang memang sangat berat,” katanya.

Pihaknya meyakini, 13 PKD yang dilantik dari 13 desa yang 3 diantaranya perempuan mempunyai kemampuan dan integritas kuat dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas Pilkada. “Ke-13 PKD ini merupakan orang terpilih dan berhasil lolos dari serangkaian tes seleksi yang ketat oleh Bawaslu,” ujar Ivan Sagito.

PKD terlantik, lanjutnya, merupakan ujung tombak pengawasan di tingkat desa. Pada perjalanan tahapan Pilkada, dimungkinkan banyak terjadi dugaan pelanggaran. Sebagai pengawas di tingkat desa, banyak tugas yang harus diawasi, mulai persiapan pendataan data penduduk calon pemilih, pencoblosan hingga proses penghitungan suara.

Maka mereka perlu menyiapkan diri untuk menghadapi adanya laporan atau temuan saat kegiatan pengawasan berlangsung. “Memahami UU, terus melakukan koordinasi dan sinergitas bersama Panwaslu, Bawaslu serta banyak pihak menjadi kunci pengawasan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ivan Sagito menambahkan, usap pelantikan dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PKD. Agar mereka lebih memahami tata cara pengawasan, aspek pencegahan serta yang menyangkut teknologi. (kho)

News Feed