oleh

PKD Bangodua Resmi Dilantik

INDRAMAYU- Delapan anggota pengawas kelurahan desa (PKD) Kecamatan Bangodua diambil sumpah jabatan sebagai pengawas pemilihan kepala daerah (Pilkada) Indramayu 2020 di tingkat desa, Sabtu (14/3).

Bertempat RM Sekar Wangi Widasari, acara sumpah jabatan dihadiri Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Indramayu Chaidar SE, Muspika Bangodua, Sekretariat dan Panwaslu Kecamatan Bangodua.

Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Indramayu Chaidar SE mengatakan, usai dilantik dan diambil sumpah jabatan mereka menjadi bagian dari keluarga Bawaslu yang siap mengawasi jalannya proses demokrasi pada Pilkada Indramayu.

Dikatakan Chaidir, PKD adalah garda terdepan dari bawaslu untuk mencegah upaya-upaya pelanggaran pemilu pada pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu. Untuk itu, lanjut Chaidir, PKD harus dapat menjalin sinergi dengan semua elemen yang ada di ruang lingkup wilayah kerjanya, mulai dari unsur pemcam, pemdes, TNI dan Polri melancarkan proses Pilkada bisa berjalan lancar.

“Selamat untuk PKD yang dilantik, setelah dilantik masing-masing punya tugas dan peran yang sangat penting yakni mengawal dan mengawasi pilkada dengan baik jangan sampai ada pelanggaran, bisa melindungi hak pilih masyarakat dan masyarakat pun bisa terdidik dalam politik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Bangodua, Agus Supriyanto menjelaskan, sebelumnya Panwascam menyeleksi sebanyak 27 pelamar pengawas kelurahan desa (PKD) dari 8 desa yang ada di Kecamatan Bangodua. Selama proses seleksi, ungkapnya, Panwascam berhasil menjaring 8 pelamar yang memenuhi syarat baik dokumen administrasi pelamar, sampai proses seleksi wawancara.

“Setelah diambil sumpah jabatan, 8 PKD dapat mengemban amanah dan bisa menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, pengawas desa bisa menjalin komunikasi dan bersinergi dengan semua penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Bangodua M Soidin SIP mengatakan  pihaknya mengucapkan selamat kepada 8 anggota pangawas kelurahan desa (PKD) Kecamatan Bangodua yang sudah resmi menjadi PKD di desanya masing-masing. Soidin berharap, mereka dapat menjalankan apa yang diamanatkan sebagai PKD dengan baik. “Peran PKD sangat dibutuhkan untuk mengawasi pilkada sehingga hasil Pilkada Indramayu tahun 2020 menghasilkan pemimpin yang baik,” ujarnya. (oni)

News Feed