oleh

Cegah Penyakit, Bersih-Bersih Sampah

INDRAMAYU-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Patrol menggelar bakti sosial aksi bersih-bersih sampah, Sabtu (14/3). Digagas Satgas Nusantara Kepolisian Resort Indramayu Sektor Patrol, aksi bersih-bersih menyasar kawasan Pasar Patrol dan sekitarnya.

Selain anggota Polri, TNI, Satpol PP dan Pamong Desa, puluhan warga dan pedagang juga dilibatkan dalam kegiatan yang dipimpin Kapolsek Patrol AKP Rukman SH, Danramil 1614/Anjatan Kapten Czi Samsudin dan Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi.

Menggunakan alat sederhana, mereka bergotong-royong menguras selokan serta mengangkut timbunan sampah untuk kemudian diangkut ke mobil sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu.

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto SIK MSi melalui Kapolsek Patrol, AKP Rukman SH menjelaskan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan guna meningkatkan hidup sehat dan mencegah timbulnya wabah penyakit. Terlebih, saat ini tengah merebak wabah virus corona alias Covid-19 di tanah air.

“Ini sedikit langkah kami bersama jajaran Forkompimcam mewujudkan lingkungan yang sehat agar terhindar dari segala macam penyakit. Mengkampanyekan hidup sehat dengan membudayakan kebersihan kepada warga maupun pedagang dilingkungan pasar Patrol,” terang Kapolsek AKP Rukman SH.

Terkait wabah virus dari Wuhan, China yang mulai menyebar di sejumlah daerah di tanah air, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak menyikapinya berlebihan. Diminta tidak panik apalagi ikut menebar kepanikan lewat berita maupun informasi yang belum tentu kebenarannya kepada masyarakat.

“Cara terbaik kita salah satunya lewat aksi seperti ini. Menjaga lingkungan agar selalu bersih, budayakan hidup sehat. Dimulai dari diri kita masing-masing lalu ajak masyarakat,” jelasnya.

Senada disampaikan Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi serta Danramil 1614/Anjatan, Kapten Czi Samsudin. Melalui kerja bakti bersama warga, menjadi momen untuk meningkatkan kepedulian lingkungan dan peran aktif masyarakat menjaga kebersihan.

“Kita harus memulai budaya hidup bersih dan sehat, termasuk mengelola sampah secara tepat. Jadi diharapkan diseluruh lapisan masyarakat dapat melakukan upaya pengelolaan sampah,” katanya. (kho/kom)

News Feed