oleh

Warga Bangodua Mudah Donor Darah

INDRAMAYU – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bangodua menggelar bakti sosial donor darah, kemarin (13/3). Kegiatan rutin tersebut mendapat sambutan luar biasa. Bukan hanya dari ASN di wilayah Bangodua, namun dari kalangan TNI-Polri dan masyarakat sekitar yang ikut menyukseskan bakti sosial donor darah.

Camat Bangodua, M Soidin SIP mengatakan, bakti sosial donor darah adalah rutinitas per tiga bulan sekali. Tujuannya untuk memudahkan akses masyarakat yang menjadi pendonor rutin di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu. Termasuk para ASN di wilayah Kecamatan Bangodua, TNI dan Polri.

Dengan kegiatan bakti sosial donor darah yang secara rutin digelar, menurut Soidin, dapat memacu angka partisipatif masyarakat agar semakin peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Terutama dalam hal ketersediaan darah yang sangat dibutuhkan.

“Bentuk kerja sama antara pemcam dan PMI Kabupaten Indramayu, untuk pemenuhan stok darah. PMI sebagai menyedia stok darah di Indramayu, bahkan sampai keluar daerah. Masyarakat bisa lebih mudah untuk berdonor darah. PMI tidak lagi kekurangan stok darah,” ujarnya.

Sementara itu, Casdi AMd, salah satu pendonor rutin mengatakan, agenda donor darah triwulan (tiga bulan) yang secara rutin digelar Pemcam Bangodua sangat membantunya. Karena, jarak untuk berdonor darah dari Bangodua sampai ke kantor PMI Kabupaten Indramayu harus menempuh jarak yang jauh. Memakan waktu tempuh perjalanan hingga 40 menit.

“Donor darah saya sudah rutin per tiga bulan sekali. Itu karena aturan kesehatan. Yakni, jarak pendonor darah sejak pertama donor. Dengan agenda triwulan antara Pemcam Bangodua dan PMI, pendonor lebih mudah. PMI juga, dalam pemenuhan stok darah bisa terpenuhi,” ujarnya. (oni)

 

News Feed