oleh

BPN dan Kemenag Bagikan Sertifikat Gratis

KANTOR Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bekerjasama dengan Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu, menyerahkan ratusan sertifikat wakaf gratis di gedung Pusat Pelayanan dan Informasi Haji Terpadu Satu Atap (Puspihat) Kabupaten Indramayu, Kamis (12/3).

Penyerahan sertifikat dilakukan, untuk memberikan perlindungan hukum bagi fasilitas yang dipergunakan bagi kepentingan umat. Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Indramayu, Ir H Ristendi Rahim MSi, didampingi Kepala Kantor Kemenag Drs H Sofandi SAg MSi dan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah  H Munir Huda SAg MSi menjelaskan, pihaknya telah memproses 700 bidang tanah wakaf untuk untuk masjid, musala serta pondok pesantren yang ada di Kabupaten Indramayu. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum, bagi fasilitas yang dipergunakan untuk kepentingan umat.

“Tahun 2019, ada sekitar 700 sertifikat bidang tanah wakaf yang kami proses, 500 diantaranya telah selesai diterbitkan. Sementara 120 bidang tanah sedang proses dan 80 lainnya sedang dilengkapi berkas persyaratannya,” jelasnya.

Ditambahkannya, pengurusan sertifikat tanah wakaf untuk masjid, musala maupun pesantren adalah gratis dan tidak dipungut biaya. Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan mengurusnya, untuk bisa datang langsung ke Kantor ATR/BPN Kabupaten Indramayu.

“Syarat untuk mengajukan sertifikat wakaf adalah bukti penguasaan, seperti akta ikrar wakaf atau surat keterangan penguasaan fisik sebagai penunjang diterbitkannya sertifikat wakaf. Dan yang terpenting datanya harus lengkap dan clear and clean,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi menyampaikan apresiasi atas program yang dijalankan Kantor ATR/BPN Kabupaten Indramayu. Ia meminta masyarakat Kabupaten Indramayu untuk lebih taat hukum, dengan mendaftarkan tanah kepemilikan mereka ke instansi berwenang.

“Hendaknya semua tanah wakaf yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu harus bersertifikat. Agar memiliki kekuatan hukum dan bebas dari sengketa di kemudian hari,” pungkasnya.

Selain ratusan umat, penyerahan sertifikat wakaf gratis sekaligus launching pembangunan Masjid Al Mabrur Kompleks Gedung Puspihat Kabupaten Indramayu turut dihadiri Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto SIK MSi, Dandim 0616 Indramayu Letkol Czi Aji Sujiwo SH MSi, Ketua PC NU KH Juhadi Muhammad SH serta pengasuh pondok pesantren Darus Surur KH Ambari. Sementara Rais Suriyah PBNU KH Mustofa Aqil Siroj, berkesempatan untuk menyampaikan tausiyah kepada tamu undangan. (adv)

 

News Feed